Saturday, July 27, 2024
spot_img
HomeUncategorisedTanamkan Rasa Cinta Tanah Air Dan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini, Anak TK...
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air Dan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini, Anak TK Kartika XIV-5 Langsa Belajar Upacara Bendera”

Global Cyber News| Langsa-Taman Kanak-Kanak (TK) Kartika XIV-5 Langsa ajarkan upacara bendera kepada peserta didik, tanamkan rasa cinta tanah air dan jiwa nasionalisme anak-anak sejak usia dini, bertempat di Jalan Jenderal Ahmad Yani, No. 67, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Senin pagi (17-02-2020).

Kepala sekolah TK Kartika XIV-5 Langsa Nana Suzanna, S.Pd mengatakan bahwa, upacara di jenjang TK juga perlu diterapkan, walaupun peserta didik belum melaksanakan dengan sempurna, namun kegiatan ini sangat perlu untuk memperkenalkan upacara bendera kepada peserta didik, meskipun harus didampingi oleh guru pendamping.

“Kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap Senin, tetap kenalkan peserta didik upacara bendera. Agar mereka sedikit demi sedikit bisa mengenal dan memahami rasa nasionalisme sejak usia dini, “katanya.

Dijelaskannya, bahwa setiap petugas upacara bendera ini dilaksanakan sesuai jadwal tugasnya. Seperti, protokol, pemimpin upacara, pembawa pembukaan Undang- Undang Dasar (UUD), pembawa Pancasila dan juga dirigen.

“Murid bertugas secara bergiliran perkelas, untuk pembawa bendera juga dari peserta didik. Jadi pelaksanaan upacara tersebut masih tetap sesuai tingkat belajar anak usia dini, “tutur Kepala Sekolah.

Sementara menurut Ketua Yayasan TK Kartika Jaya XIV-5 Ny. Yessi Hasanul Arifin saat dikonfirmasi awak media mengatakan bahwa, kegiatan upacara bendera tersebut memiliki banyak manfaat yakni, mengenalkan profesi seorang pemimpin, melatih tertib seorang peserta didik, melatih rasa percaya diri agar tidak memiliki rasa takut jika nanti masuk pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Sangat banyak nilai positifnya, mulai dari rasa persatuan cinta dengan Negara Indonesia, melatih kedisiplinan, sehingga peserta didik tidak takut apabila untuk menjadi petugas mereka akan selalu memiliki rasa percaya diri, “ungkapnya.

Kegiatan upacara bendera di TK Kartika XIV-5 Langsa ini dijadikan sebagai prioritas sebagai pembelajaran bagi murid, karena memiliki potensi yang baik untuk menggali perkembangan peserta didik.

“Upacara bendera ini sudah menjadi program yang membantu untuk dapat menggali potensi apa saja yang ada dalam diri peserta didik, “pungkasnya.

(Red.)

Latest Posts