Saturday, July 27, 2024
spot_img
HomeUncategorisedKependam I/BB: Manfaatkan TMMD 107 Sebagai Momentum Membangun Semangat Gotong Royong Warga
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Kependam I/BB: Manfaatkan TMMD 107 Sebagai Momentum Membangun Semangat Gotong Royong Warga

Global Cyber News|Medan – Pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 Tahun 2020 di enam Kodim pada wilayah Kodam I/Bukit Barisan, diharapkan menjadi momentum untuk membangun semangat gotong royong di lingkungan warga masyarakat, khususnya di lokasi sasaran fisik.

Hal ini disampaikan Kepala Penerangan Kodam I/Bukit Barisan (Kapendam I/BB), Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, dalam keterangan tertulisnya di Media Centre Makodam I/BB, Senin (16/3/2020).

“Sesuai arahan dan harapan Panglima Kodam I/BB, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah, maka TMMD ke-107 ini hendaknya dijadikan momentum untuk membangun semangat gotong royong di kalangan warga masyarakat. Oleh karena itu, kurangi penggunaan alat berat terhadap sasaran yang bisa dikerjakan secara gotong-royong,” terang Kapendam.

Dalam kesempatan yang sama, Kapendam juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para bupati/wali kota beserta staf yang telah bersinergi dalam kegiatan TMMD ke-107 di wilayah Kodam I/BB.

Kepada Dansatgas dan seluruh personel Satgas TMMD 107 di enam Kodim di jajaran Kodam I/BB, Kapendam menyampaikan penekanan Pangdam untuk terus memelihara hubungan erat yang sudah terjalin dengan baik selama ini dengan FKPD, dinas terkait, tokoh masyarakat, tokoh agama serta elemen masyarakat, sehingga tercipta kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Kapendam juga menyampaikan tentang pentingnya sasaran non fisik. Karena hasilnya tidak bisa dilihat sekarang, namun kedepan akan dapat mendorong tumbuhnya kreativitas masyarakat desa dalam mengangkat kualitas kehidupan yang lebih baik, lebih maju dan lebih sejahtera serta mampu mandiri.

“Oleh karena itu, sesuai arahan Pangdam I/BB, kepada para Dansatgas untuk melakukan koordinasi yang baik dengan instansi terkait, sehingga pemateri dalam kegiatan penyuluhan tidak didominasi oleh TNI,” pesan Kolonel Zeni.

Begitu juga dengan sasaran fisik, lanjut Kolonel Zeni, Pangdam I/BB meminta agar dikerjakan dengan baik karena sangat diharapkan mendorong tumbuh kembangnya usaha-usaha masyarakat di bidang ekonomi dan meningkatkan kesejahteraannya.

Terkait penggunaan dana yang disediakan Mabes TNI, dan pemerintah daerah, Kolonel Zeni mengingatkan agar dikelola dengan baik dan tepat sasaran, sehingga hasil TMMD tercapai maksimal serta tertib administrasi.

Hal penting lainnya yang diharapkan Pangdam I/BB kepada para Dansatgas TMMD 107 di enam Kodim adalah untuk mengimplementasikan anggota Satgas tidur dan makan di rumah masyarakat.

“Hal ini harus dimanfaatkan secara optimal, sehingga menjadi nilai tambah dalam membangun kedekatan dan kekeluargaan antara personel Satgas atau TNI dengan elemen masyarakat,” pungkas Kolonel Zeni.

Adapun enam Kodim di jajaran Kodam I/BB yang melaksanakan TMMD ke-107 Tahun 2020 adalah, Kodim 0207/Simalungun Korem 022/Pantai Timur, Kodim 0205/Tanah Karo Korem 023/Kawal Samudera, Kodim 0320/Dumai Korem 031/Wira Bima, Kodim 0303/Pasaman dan Kodim 0310/SSD di wilayah Korem 032/Wirabraja, dan Kodim 0315/Bintan Korem 033/Wira Pratama.

Di tahun 2020 ini, Kodam I/BB juga melaksanakan TMMD Imbangan, yakni di Kodim 0206/Dairi Korem 023/Kawal Samudera, dan Kodim 0208/Asahan Korem 022/Pantai Timur. Sumber: Pendam I/BB

Red.

Latest Posts