Tuesday, May 21, 2024
HomeUncategorisedRakernister Kodam XII/Tpr Fokus Program Prioritas TA.2020

Related Posts

Featured Artist

Rakernister Kodam XII/Tpr Fokus Program Prioritas TA.2020

Global Cyber News| Kubu Raya, Rabu (18/3/20) – Agar pelaksanaan program dan anggaran bidang teritorial TA. 2020 dapat berjalan lancar, efektif dan efisien, Kodam XII/Tanjungpura menggelar Rapat Kerja Teknis Teritorial (Rakernister) Kodam XII/Tpr. Rakernister dilaksanakan melalui Video Conference di Ruang Rapat Puskodalopsdam XII/Tpr.

Rapat dipimpin sekaligus dibuka oleh Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Asep Apandi, S.I.P. Yang diikuti oleh para Dandim, para Kasi dan Pasi Ter masing-masing Korem dan jajaran Kodim, serta Perwira dari Satuan Non Kowil yang memangku jabatan di bidang Teritorial.

Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Asep Apandi S.I.P., saat membuka rapat menjelaskan, tujuan dari Rakernister adalah sebagai sarana untuk mengevaluasi pelaksanaan Program dan Anggaran bidang teritorial Tahun 2019, serta menyampaikan kebijakan pimpinan di bidang Teritorial Tahun 2020.

“Selain itu juga sebagai media untuk menggali permasalahan yang dihadapi kedepannya dalam rangka kelancaran pelaksanaan program bidang teritorial,” ungkapnya.

Dalam Rakernister Aster Kasdam XII/Tpr menyampaikan pokok-pokok kebijakan Pangdam XII/Tpr bidang pembinaan Teritorial diantaranya, meningkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan program Binter, meningkatkan kemampuan teritorial Apkowil dan nonkowil, melalui pendidikan, pelatihan, dan penataran, meningkatkan kualitas Serbuan Teritorial dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah, meningkatkan peran Satkowil dalam pengumpulan data teritorial.

“Melanjutkan pembinaan kepada Apter sebagai Pembina Pramuka Saka Wira Kartika, melanjutkan pembinaan Bela Negara, meningkatkan sinergitas program Komunikasi Sosial (Komsos) dengan program pemerintah, meningkatkan Komsos, melalui pemanfaatan Medsos dan literasi digital, membantu pemerintah dalam pemerataan pembangunan dan perbaikan infrastruktur, membantu pemerintah dalam mengatasi kesulitan masyarakat dan bantuan kemanusiaan, serta dalam pengelolaan lingkungan hidup,” jelas Aster Kasdam XII/Tpr.

Adapun program prioritas penyelenggaraan Binter Kodam XII/Tpr di TA. 2020, yaitu melanjutkan pemberian Dukungan Operasi (Dukops) Babinsa dan mereorganisasi serta merubah nomenkelatur jabatan, Babinsa yang semula berpangkat Koptu sampai dengan Peltu, menjadi Bala Pembina Desa dengan pangkat dari Prada sampai Peltu, memperkuat Satkowil, dengan membentuk 1 Kompi Teritorial di setiap Kodim Tipe A dan wilayah perbatasan, mengoptimalkan pembinaan Netralitas TNI dalam Pilkada tahun 2020.

“Melanjutkan susunan Rencana Rinci Wilayah Pertahanan (RRWP) darat, cegah tangkal separatisme atau radikalisme maupun ajaran lain yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, dilaksanakan melalui Komsos dengan masyarakat, mengoptimalkan kegiatan Binter dengan melaksanakan Serbuan Teritorial,” pungkas Aster Kasdam XII/Tpr. (Pendam XII/Tpr)

Red.

Latest Posts