Saturday, April 20, 2024
HomeUncategorisedKapolda Sumut Lepas Tim Gabungan Penyemprot Cairan Disinfektan di Kota Medan

Related Posts

Featured Artist

Kapolda Sumut Lepas Tim Gabungan Penyemprot Cairan Disinfektan di Kota Medan

Global Cyber News| Medan, Untuk pencegahan penyebaran Virus Covid-19 (Corona), Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) melakukan penyemprotan cairan disinfektan dengan menggunakan Truk Amor Water Canon (AWC) dan Mobil Pemadam Kebakaran milik Pemko Medan.

Biasanya kendaraan Water Canon digunakan untuk menghalau massa saat terjadinya aksi unjuk rasa ini, kali ini kendaraan tersebut dialihfungsikan menjadi kendaraan penyemprot disinfektan di sejumlah ruas jalan Kota Medan.

Apel Tim Gabungan tersebut di pimpin langsung oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin Sormin, M.Si. Usai mempimpin apel, Kapolda Sumut melepas keberangkatan Tim Gabungan di depan Pos Lantas Lapangan Merdeka, Medan, Selasa (28/3/2020) pagi, sekira pukul 08.00 WIB.

Dalam apel Tim Gabungan tersebut diikuti oleh anggota TNI – Polri, petugas Damkar Kota Medan, BPBD Kota Medan dan Sumut, Dishub Medan, Satpol PP Medan

Penyemprot cairan disinfektan di sejumlah ruas jalan di Kota Medan itu dilakukan guna pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dalam arahannya Kaolda Sumut mengatakan penyemprotan ini sengaja dilakukan bertepatan di hari libur.

“Kita gunakan momen ini untuk menunjukkan kepada masyarakat Sumatera Utara khususnya kota Medan bahwa kita memang serius dalam mengantisipasi persebaran Virus Corona ini. Satu hal yang ingin saya sampaikan kepada rekan-rekan adalah kita ingin tunjukkan bahwa masyarakat jangan panik, pemerintah siap membantu mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19,” ujar Kapolda Sumut.

Dan yang kedua, Kapolda Sumut juga meminta untuk seluruh yang terlibat menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), untuk terhindar dan ditak tertular.

“Perlunya kita memakai APD, supaya bantuan yang kita berikan kepada masyarakat tanpa tertular kepada kita semua,” tutur Kapolda Sumut.

Kemudian, Kapolda Sumut juga menerangkan bahwa penyemprotan ini harus dilaksanakan dengan senang hati.

“Mengapa kita laksanakan dengan senang hati, hal itu akan memberikan semangat baru untuk kita meskipun saudara-saudara telah merasa capek tetapi dengan senang hati hal ini kita anggap sebagai amal ibadah itu juga akan menjadi semangat baru untuk kita dan ini hanya dikenal di dalam dunia olahraga dengan semangat kamu akan dapat kekuatan yang baru,” terang orang nomor satu di Polda Sumut ini.

Lebih lanjut Kapoda Sumut berharap kepada seluruh personil yang hadir saat ini untuk dijadikan momen, ini sebagai bakti kepada masyarakat.

“Kita tunjukan bahwa Pemerintah ada disini untuk membuat masyarakat tenang dan melalui kegiatan apel pagi ini saya ingin sampaikan kepada rekan-rekan media mari kita patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang pertama tidak ada kerumunan-kerumunan orang dalam jumlah banyak. Dalam apel ini saudara bisa lihat kita tunjukkan bahwa ada physical dispensing di sini jaraknya minimal 1 meter dan jangan bersentuhan,” jelasnya.

Akibat penyebaran Virus Corona ini membuat budaya kehangatan ditengah-tengah bermasyarakat untuk sementar dilupakan dulu sementara. Selain itu, tidak ada pesta yang melibatkan kerumunan orang banyak.

“Beberapa acara pesta juga terpaksa kita harus dibubarkan dan contoh seharusnya saya melaksanakan resepsi pernikahan anak saya pada bulan April ini untuk sementara kita tunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Ini saya lakukan untuk menunjukan contoh, bahwa Maklumat Pemerintah dan Maklumat Kapolri sebagai pelaksanaan dari instruksi Presiden tentang antisipasi persebaran Virus Corona ini kita harus melakukan,” tegas Kapolda.

Selain itu, Kapolda Sumut juga berharap kepada masyarakat untuk berdiam diri di rumah saja masyarakat, itu sudah cukup membantu untuk aparat dan itu juga sudah cukup membantu terhentinya penyebaran Virus Corona.

“Jaga diri anda dan keluarga anda sendiri serta lingkungan dengan ini saya yakin kita akan segera keluar dari masalah penanganan Virus Corona ini,” tandas Kapolda.

Red.

Latest Posts