Monday, May 27, 2024
HomeUncategorisedApatis Corona, Pemerintah Desa Agara Ikut Penyemprotan Disinfektan Skala Nasional

Related Posts

Featured Artist

Apatis Corona, Pemerintah Desa Agara Ikut Penyemprotan Disinfektan Skala Nasional

Global Cyber News| Aceh. | Sejumlah 385 Pemerintah Desa Aceh Tenggara, ikut serta melakukan penyemprotan disinfektan berskala nasional dalam hal pencegahan virus Covid 19 yang sedang pandemi di Indonesia. 

Ketua forum Kepala Desa Kecamatan Lawe Sumur, Kadimin, Sp, mengatakan, penyemprotan disinfektan skala nasional yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa turut dalam melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-warga masing-masing, Selasa, (31/3/2020). 

Kadimin, menjelaskan, bukan itu saja Pemerintah Desa dapat melakukan pencegahan Covid 19 yang bersumber dari dana desa, bahkan banyak hal yang bisa dilakukan. 

Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Aceh Tenggara Nomor: 410/ 07 Tentang Penggunaan Dana Kute Tahun Anggaran 2020 Untuk Penangan Virus Corona (Covid 19), dana desa dapat di
pergunakan,diantaranya, kata dia,untuk Pembagian masker warga, pembagian cairan pembersih tangan warga, Pencetakan Spanduk pensosialisasian pencegahan penyebaran untuk warga, Pemeriksaan kesehatan warga, Penyemprotan disinfektan ke rumah warga, Pemberian bantuan biaya tes Covid 19 bagi warga yang  berstatus  ODP dan bisa cara-cara  lainnya yang perlu dilakukan tetapi tetap berpedoman pada arahan Camat dan Kepala Puskesmas, jelasnya. 

Menurut dia, bukan kali ini saja Pemerintah Desa sudah melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, bahkan di minggu kemarin juga Pemerintah Desa sudah melakukan hal yang serupa. 

“Kita mesti tanggap atas keresahan warga, tetapi harus juga mekedepan regulasi dana desa”, kata dia. 

Terkait keresahan warga dengan penyebaran Covid 19 dan dampak ekonomi yang semakin menurun, Ia tak dapat berspekulasi hanya dapat berharap kepada Pemerintah Daerah untuk menerbitkan Peraturan Daerah agar Dana Desa dapat dipergunakan untuk pemberian jatah hidup warga, pungkas dia. 

Red. Samsuri

Latest Posts