Friday, April 19, 2024
HomeUncategorisedDikmata TNI AD Gel. II TA. 2019 (OV) Kodam XVIII/Kasuari Ditutup

Related Posts

Featured Artist

Dikmata TNI AD Gel. II TA. 2019 (OV) Kodam XVIII/Kasuari Ditutup

Global Cyber News| Manokwari Selatan. kasuari18-tniad.mil.id – Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang II Tahun Anggaran (TA) 2019 (OV) di Sekolah Calon Tamtama (Secata) Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XVIII/Kasuari secara resmi ditutup oleh Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, Sabtu (18/04/2020), di ruang rapat Markas Komando (Mako) Rindam XVIII/Kasuari, Manokwari Selatan, Papua Barat.

Ditengah pandemi virus corona (Corona Virus Disease/Covid-19), penutupan Dikmata dilaksanakan tanpa upacara penutupan, namun hanya dilaksanakan dengan laporan resmi Komandan Rindam XVIII/Kasuari dan pembagian ijazah dengan tetap mengikuti prosedur kesehatan terkait penanganan Covid-19.

Pangdam XVIII/Kasuari diawal amanatnya menyampaikan ucapan selamat kepada 391 orang mantan Prajurit Siswa Dikmata TNI AD Gelombang II TA 2019 (OV) Kodam XVIII/Kasuari, baik kepada 218 orang yang dididik di Rindam XVIII/Kasuari, Papua Barat, maupun 173 orang lainnya yang dititipkan untuk digembleng di Rindam XIV/Hasanuddin, Sulawesi Selatan, yang berhasil lulus pendidikan dan berhak menyandang pangkat Prajurit Dua (Prada) TNI AD.

Selain itu, Pangdam juga meminta maaf karena tidak bisa berbagi kebahagiaan dengan mengundang para orang tua Prada baru tersebut untuk hadir menemui putra-putranya, karena terkendala wabah Covid-19.

“Pada pelaksanaan penutupan pendidikan kali ini, saya mohon maaf tidak dapat mengundang orang tua dan keluarga untuk hadir menemui para prajurit Tamtama baru, dikarenakan mewabahnya Virus Corona (Covid-19) saat ini, untuk mencegah terjadinya penularan Virus Corona kepada para prajurit dan juga keluarga masing-masing,” kata Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau.

“Tapi jangan kuatir, panitia telah menyiapkan fasilitas Teknologi Informasi (TI) agar keluarga minimal dapat menyaksikan penutupan pendidikan ini melalui live streaming (konten – video, foto, audio – yang disiarkan langsung melalui internet), yang bisa dilihat melalui telepon seluler (Ponsel/HP) orang tua atau keluarga masing-masing,” sambungnya.

Selama lebih kurang lima bulan, para Prajurit Tamtama Remaja (Taja) baru telah digembleng dan dibekali oleh para pelatih dan pengajar di Kawah Candradimuka Rindam dengan berbagai materi dasar keprajuritan, seperti pengetahuan dasar kemiliteran, keterampilan keprajuritan, dan mental kejuangan agar menjadi prajurit TNI AD yang tanggap, tanggon, dan trengginas, serta berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, serta mampu menjalankan 8 Wajib TNI ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

“Dengan berakhirnya Dikmata ini dan berlakunya Peraturan Pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, maka para prajurit baru tidak mendapatkan hak cuti pendidikan, karena wabah Virus Corona yang semakin hari semakin meningkat penularannya, yang dapat menularinya. Untuk itu saya berpesan agar para prajurit baru dapat mematuhi semua ketentuan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Corona ini,” pesan Pangdam XVIII/Kasuari.

Selanjutnya, Danrindam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Ignatius Tri Joko Budi S. dalam paparannya kepada Pangdam mengungkapkan, penyelenggaraan Dikmata TNI AD Gelombang II TA 2019 (OV) berpedoman pada rencana operasi pendidikan untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan sesuai Tri Pola Dasar Pendidikan. Hasilnya, dari 220 orang calon Prajurit TNI AD yang menjalani pendidikan di Rindam XVIII/Kasuari, lulus 218 orang, sedangkan 2 orang lainnya dinyatakan tidak lulus.

“Pendidikan diselenggarakan selama 20 minggu (5 bulan), buka pendidikan 2 Desember 2019 dan penutupan pendidikan 18 April 2020. Sedangkan untuk Kecabangan atau Kesenjataan para Prajurit TNI AD yang telah lulus Dikmata, akan dilanjutkan dengan pendidikan kecabangan yaitu Kecabangan/Korps Infanteri (189 orang), Zeni (11), Perhubungan (1), Peralatan (3), Pembekalan dan Angkutan (2), Polisi Militer (5), dan Kesehatan (7),” kata Danrindam.

Menurutnya, secara umum hasil evaluasi aspek jasmani Siswa Dikmata TNI AD kali ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan Dikmata TNI AD sebelumnya (Gelombang I) TA 2019, dengan bukti perbandingan nilai rata-rata pada nilai aspek jasmani yang meningkat.

Usai paparan Danrindam kepada Pangdam XVIII/Kasuari, dilanjutkan dengan pembagian ijazah oleh Danrindam kepada 218 mantan Siswa Dikmata Rindam XVIII/Kasuari.(Letkol Inf Ertoto)

Red.

Latest Posts