Saturday, April 20, 2024
HomeUncategorisedTingkatkan Kemampuan Intelijen, Danrem 032/Wbr Buka Latnis Tim Intel Korem

Related Posts

Featured Artist

Tingkatkan Kemampuan Intelijen, Danrem 032/Wbr Buka Latnis Tim Intel Korem

Global Cyber News| Korem 032 – Latihan Teknis (Latnis) Tim Intel Rem 032/Wbr TA. 2020 secara resmi dibuka olah Komandan Korem 032/Wbr Kolonel Inf Arief Gajah Mada di Aula Mako Tim Intel Rem 032/Wbr Lapai, Padang, pada Senin (4/5/2020).

Latihan tersebut dilaksanakan selama 3 hari, dimulai dari tanggal 4 s.d 6 Mei 2020, yang diikuti seluruh personel Tim Intel Rem 032, dengan tetap mempedomani SOP protap pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Dalam amanatnya, Kolonel Inf Arief Gajah Mada selaku Danrem 032/Wbr menyampaikan mencermati perkembangan situasi aktual yang terjadi, maka sudah dapat diprediksi tugas Korem 032/Wbr kedepan akan semakin kompleks, khususnya dalam menghadapi dinamika situasi keamanan di wilayah Sumbar.

Latihan teknis tim intel berdasarkan Undang – Undang No. 34 Tahun 2004 tentang TNI, telah diamanatkan untuk mengemban tugas perang dan tugas selain perang.

Guna melaksanakan setiap tugas dan tangungjawab yang diberikan, harus memiliki kemampuan dan profesionalisme sesuai tuntutan tugas tersebut. Salah satu upayanya melalui latihan teknis yang dilaksanakan ini, ujar Danrem 032/Wbr.

Dikatakan, Latihan Teknis Tim Intel ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan Intelijen dalam melaksanakan tugas – tugas penyelidikan, pengamanan, pengalaman dan administrasi, baik untuk kepentingan tugas sendiri maupun mendukung tugas pokok Komando Atas.

Disamping itu, latihan ini juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur bagi Komando Atas untuk menilai tingkat kemampuan aparat Intelijen dalam memprediksi berbagai bentuk permasalahan yang mungkin timbul dan akan terjadi di wilayah Sumatera Barat.

Untuk itu setiap kegiatan intelijen yang dilaksanakan betul betul terencana, terkoordinasi dan dipahami seluruh personil Intel serta dapat dipertanggung jawabkan dengan benar dalam sebuah sistem yang terintegrasi diantara segenap unsur terkait yang ada di wilayah, ucap Kolonel Inf Arief Gajah Mada.

Seterusnya, segenap unsur dan satuan intelijen dituntut juga melakukan tindakan dan langkah nyata mulai dari deteksi dini hingga pencegahannya terhadap berbagai indikasi dan kejadian yang berlangsung, serta aparat intelijen harus secara sistimatis mampu membuat analisa dan anatomi kecenderungan perkembangan dinamika terjadi untuk menghasilkan perkiraan keadaan Intel akan disarankan kepada pimpinan dalam bentuk produk Intel.

Terakhir, selaku aparat Intelijen tidak boleh berpikir dan berniat untuk berhenti menganalisa Situasi dan Kecenderungan. Untuk itu aparat intel mesti memiliki Naluri intelijen dikenal dengan Sence of Inteligence.

Dalam pelaksanaan latihan para panitia dan pelaku harus memahami tugas, fungsi dan peran masing masing, sehingga latihan ini dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan serta membuahkan hasil sekaligus bisa dirasakan manfaatnya baik oleh Korem 032/Wbr maupun wilayah ini secara keseluruhan, tutur Danrem 032/Wbr mengakhiri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasiopsrem 032 Kolonel Inf Sugiyono selaku Komandan latihan, Kasi Intel Korem 032 Kolonel Kav Mukmin, para penyelenggara dan peserta Latihan. (Pen 032)

Red.

Latest Posts