Friday, March 29, 2024
HomeDalam NegeriPWI Sumut Salurkan Bantuan Pemprovsu, Perhimpunan Pengembang Media Nusantara dan Nestle
spot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

PWI Sumut Salurkan Bantuan Pemprovsu, Perhimpunan Pengembang Media Nusantara dan Nestle

Global Cyber News| Medan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyerahkan bantuan dampak Coronavirus (Covid-19) berupa sembako tahap pertama kepada wartawan yang bertugas di Kabupaten/Kota se Sumut melalui Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut.
Penyerahannya dilakukan secara simbolis dilaksana- kan dalam satu acara serahterima di Gedung PWI Sumut Jalan Adinegoro No.4 Medan, Selasa (9/6/2020).

Dalam kesempatan sama PWI Sumut juga mendistribusikan bantuan handsanitizer dan masker dari Perhimpunan Pengembang Media Nusantara (PPMN) Jakarta melalui Debora Sinambela serta produk susu dari Nestle diserahkan Pimpinan Nestle Grup Ngurah Tegar Mahardika
diterima Wakil Ketua Bidang Kesra Drs Eddy Sormin MSP.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) diwakili Sekretaris Dinas Kominfo Provsu HM Ayub SE didampingi Ketua PWI Sumut H. Hermansjah SE dan pengurus harian PWI Sumut secara simbolis menyerahkan bantuan langsung kepada Ketua PWI Kabupaten Asahan Indra Sikumbang, Ketua PWI Binjai Nazelian Tanjung, mewakili Ketua PWI Deliserdang, Ketua PWI Batubara Alfian, Ketua PWI Karo Justianus Purba, Ketua PWI Sergai Anwar dan mewakili Ketua PWI Langkat. Masing masing Ketua PWI kabupaten/kota selanjutnya akan menyerahkan bantuan diterima kepada masing masing anggota di daerahnya.

Gubsu dalam sambutan yang dibacakan HM Ayub SE mengatakan, penyerahan bantuan tahap pertama kepada wartawan ini merupakan bagian dari bantuan Pemprovsu kepada masyarakat sebagai dampak wabahPandemi Covid-19.

Pemprovsu berharap agar bantuan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya karena wartawan juga ikut terdampak. “Apalagi peran wartawan sangat strategis dalam menyampaikan informasi terkait perkembangan Covid-19,” ujar Gubsu.

Hadir saat itu Ketua PWI Sumut H. Hermansjah SE beserta unsur pengurus, Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Sumut H. Sofyan Harahap, pimpinan Nestle Sumut Ngurah Tegar Mahardika Beserta staf, sejumlah Ketua PWI Kab/Kota, Ketua Wartawan Unit Poldasu dan Polresta, Wartawan Unit Pemko/DPRD Medan, Wartawan Unit Hukum (PN Medan Dan Kejatisu) beserta undangan lainnya.

Bantuan Nestle

Bersamaan PWI Sumut juga menerima bantuan susu Bear Brand dari Nestle Indonesia.

Marketing Manager RTD Dairy Nestle Indonesia Ahmad Arif mengatakan, untuk PWI Nestle Indonesia menyalurkan bantuan lebih dari 8.000 produk minuman Nestle Bear Brand untuk mendukung wartawan Indonesia tetap sehat karena wartawan memegang peranan penting menyebarkan informasi terkini mengenai perkembangan Covid-19 dan mengedukasi masyarakat untuk melakukan pemutusan mata rantai Covid-19.

“Bear Brand sekaligus mengajak semua orang untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, tetap semangat dan produktif walaupun lebih banyak di rumah,” kata Arif.

Selain itu, katanya, Nestle Indonesia hingga saat ini telah mendistribusikan lebih dari 1,4 juta Alat Pelindung Diri (APD) telah diserahkan untuk 65 institusi kesehatan di seluruh Indonesia dan lebih dari 1 juta produk makanan dan minuman Nestle telah disalurkan pula kepada berbagai instansi.

Sebarkan informasi positif

Di kesempatan itu Ketua PWI Sumut H. Hermansjah SE mengajak segenap wartawan untuk terus menyebarkan informasi positif kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah guna menghentikan penyebaran Covid-19 seraya terus berharap agar wabah Covid-19 segera berakhir.

PWI Sumut juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Sumatera Utara Letjen Purn. Edy Rahmayadi sejak mendengar kesulitan dialami media cetak di Sumatera Utara langsung menggelar diskusi dengan pengurus PWI dan Serikat Perusahaan Suratkabar (SPS) Sumut serta diikuti sejumlah Pemred dan pemimpin umum media cetak di Medan, 12 Mei 2020. Tindak-lanjut dari pertemuan itu terbentuk tim bersama di antaranya melibatkan sejumlah asisten dan kepala dinas di jajaran pemerintah provinsi Sumatera Utara untuk mencari solusi mengatasi kesulitan dialami medi cetak di tengah pandemi.

Dipimpin Plt Kadiskominfo Irman Oemar juga sudah melaksanakan sejumlah kebijakan diantaranya mempercepat pembayaran iklan dan mengintensifkan kerjasama dengan sejumlah media yang sudah berjalan sejak awal Mei hingga akhir Juni serta melalui penerbitan advertorial melalui kerjasama penyebaran informasi Copid-19 dimulai akhir Juni sampai awal Juli 2020.

Tidak sampai di situ, Gubsu melalui Surat Edaran No. 440/4271/2020 tanggal 02 Juni 2020 mengimbau agar Bupati/Walikota se-Sumatera Utara, Kepala OPD, Kepala BUMD di Lingkungan Provinsi Sumatera Utara
Untuk memanfaatkan media massa dalam sosialisasi pencegahan dan penanganan Copid-19 di Sumatera Utara.

“Kami sangat mengapresiasi langkah langkah ditempuh gubernur bersama aparat jajaran Pemprov Sumatera Utara, tidak saja bantuan kepada media dalam bentuk penerbitan iklan di media cetak, tapi juga mensosialisasikan agar jajaran pemerintah dan masyarakat di Sumut kembali bergairah untuk membaca surat kabar (koran), “ ujar Hermansjah sembari menambahkan, termasuk instruksi melalaui dinas pendidikan untuk kembali menggairahkan agar pelajar dan siswa setingkat SLTA dirangsang aktif membaca koran. Baik di perpustakaan perpustakaan umum di jajaran sekolah maupun di lingkungan kedinasan yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Red.

Latest Posts