Monday, July 22, 2024
spot_img
HomeBencana Alam17 Rumah Porak Poranda, Angin Puting Beliung Hantam Cililin Bandung Barat.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

17 Rumah Porak Poranda, Angin Puting Beliung Hantam Cililin Bandung Barat.

Global Cyber News|Bandung Barat, Globalcybernews.
Hujan disertai angin besar (puting beliung) menerjang wilayah Desa Rancapanggung Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang merusak sebanyak 17 rumah pada Jumat siang, (23/10).

Kondisi ini terjadi Sekitar pukul 12.45 hingga 13.20 WIB, hujan dan angin yang sangat besar memporak porandakan rumah warga di dua dusun, yaitu RW 08 dan RW 10 yang masuk pada dusun 3, dan RW11 yang masuk pada dusun 4.

Pemdes Rancapanggung bersama warga dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ikut turun ke lokasi, bergotong royong membantu warga yang rumahnya rusak.

Asep Sukma Jaya Kepala Desa Rancapanggung, yang turun ke lokasi ikut mendata rumah warga di bantu oleh petugas BPBD untuk menyiapkan bantuan logistik.

“Hujan dan Angin kemarin Jumat siang itu sangat besar sekali. Ada 17 rumah warga dari 2 dusun yang rusak. Dan Kami bersama petugas BPBD mendata rumah yang rusak tersebut, dan menyiapkan bantuan sembako untuk warga”, terang Jaya panggilan akrabnya Kades, Minggu, (25/10).

Menurut Jaya, beberapa rumah atau toko ada yang sudah mulai diperbaiki sendiri oleh pemiliknya dengan bergotong royong bersama warga lainya, dan ada juga yang mengungsi di rumah kerabatnya.

“Sudah ada yang mulai diperbaiki kerja bakti warga bersama Pemdes dan tim BPBD juga Muspika. Ada juga mereka yang kena dampak ini mengungsi sementara di rumah kerabat masing-masing”, katanya.

Kepala Pelaksana (Kalak) Duddy Prabowo yang memberikan data rumah warga yang rusak, juga berpesan kepada masyarakat, agar waspada dengan cuaca ektrim beberapa hari ini.

“ Beberapa hari ini kejadian musibah sudah mulai datang, dari Longsor, Banjir Bandang, Angin Puting beliung, ataupun lainya, untuk itu semua warga harus tetap waspada dari cuaca saat ini”, tambah Duddy.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun 1 orang bernama Abdul Manan mengalami luka ringan pada kepala karena terkena serpihan atap asbes.

Berikut ini daftar rumah warga yang rusak akibat hujan dan angin besar di Desa Rancapanggung Cililin.

  1. Rumah milik Rudi Koswara (38), Pekerjaan Wiraswasta, Lokasi di Kampung Rancapanggung RT03 RW08. Berupa Bangunan Kios Pupuk kondisi atap bangunan rusak berat
  2. Opan (65), Pekerjaan Wiraswasta, Lokasi di Kampung Rancapanggung RT03 RW08. Berupa bangunan Warung dengan bagian atap kondisi rusak ringan.
  3. Abdul Manan (44), Pekerjaan Wiraswasta, lokasi di Kampung Babakan RT04 RW11. Bangunan atap rumah tertimpa pohon dengan kondisi rusak ringan.
  4. Iim Solihat (34), Pekerjaan IRT, Lokasi di Kampung Babakan RT 04 RW1. Bangunan atap rumah tertimpa pohon kondisi Rusak ringan
  5. Acep Syaripudin (68), Pekerjaan Ketua DKM. Lokasi di Kampung Pabuaran RT02 RW11. Bangunan Warung tertimpa pohon kondisi rusak ringan.
  6. Acep Hardian (22), Pekerjaan Buruh. Lokasi di Kampung Pabuaran RT02 RW11. Bangunan Warung kondisi rusak ringan.
  7. Dahlan (68), Pekerjaan Buruh. Lokasi di Kampung Pabuaran RT01 RW11. Bangunan rumah tertimpa pohon kondisi rusak berat dan keluarga mengungsi
  8. T. Mursiti (65), Pekerjaan IRT. Lokasi Kampung Pabuaran RT01 RW11. Bangunan rumah atap kondisi rusak ringan.
  9. Enah (64), Pekerjaan IRT. Lokasi di Kampung Pabuaran RT01 RW11, bangunan rumah atap kondisi rusak ringan.
  10. Sugeng Waluyo (42) Pekerjaan Buruh harian lepas. Lokasi di Kp. Pabuaran RT01/11. Kondisi Bangunan rumah atap rusak ringan.
  11. Mamun (49) Pekerjaan Buruh harian lepas. Lokasi Kp. Pabuaran RT01/11. Kondisi bangunan atap tertimpa pohon rusak ringan.
  12. Komar (62) Pekerjaan Wiraswasta
    Lokasi di Kp. Bonceret RT06/10 Bangunan rumah atap kondisi rusak ringann
  13. Edi (45) Pekerjaan buruh harian lepas. Lokasi di Kp. Bonceret RT01/10 Bangunan rumah atap kondisi rusak ringan.
  14. Cuncun (42) Pekerjaan Buruh harian lepas. Lokasi di Kp. Bonceret RT01/10. Bangunan rumah atap kondisi rusak berat
  15. Dodi (46), Pekerjaan buruh harian lepas. lokasi di Kp. Bonceret RT01/10 Bangunan rumah atap kondisi rusak ringan
  16. Deden (55) Pekerjaan buruh harian lepas. Lokasi di Kp. Bonceret RT01/10. Bangunan rumah atap kondisi rusak ringan.
  17. Undang Supriatna (37) Pekerjaan buruh harian lepas. Lokasi Kp. Rancapanggung RT03/08 Bangunan rumah atap kondisi rusak ringan.
    ( BPBD Bandung Barat).

Latest Posts