Saturday, February 24, 2024
HomeDalam NegeriKAPOLDA PAPUA RESMIKAN MAKO POLRES TOLIKARA
spot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

KAPOLDA PAPUA RESMIKAN MAKO POLRES TOLIKARA

Global Cyber News.com|Jayapura – Pada hari Rabu tanggal 30 Desember 2020, pukul 11.00 WIT bertempat di Mapolres Tolikara, Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw meresmikan Mako Polres Tolikara.

Hadir dalam kegiatan:
Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol. Gatot Aris Purbaya, S.I.K, Kabag Faskon Biro Log Polda Papua AKBP M. Yusuf, Kapolres Tolikara AKBP Drs. Yuvenalis Takamully, SH, MH, Pabung Tolikara diwakili oleh Danramil Karubaga Kapten Inf. R Luberna, SH, Wakil Bupati Tolikara Bpk. Dinus Wanimbo, SH, Ketua DPRD Tolikara Bpk. Arson Wanimbo, S.IP, Para Pimpinan SKPD Pemda Tolikara, Ketua LMA Kabupaten Tolikara Bpk. John Bogom, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Kabupaten Tolikara.

Rangkaian kegiatan:
Pukul 09.50 WIT Kapolda Papua dan rombongan berangkat dari Bandara Udara Sentani menuju ke Kabupaten Tolikara. Setibanya di Bandara Karubaga Kabupaten Tolikara Kapolda Papua di sambut oleh forkompimda dengan tarian adat dan pengalungan bunga, selanjutnya ke Mapolres Tolikara.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kapolres Tolikara yang mengatakan bahwa Mako Polres Tolikara yang baru telah diusulkan dari tahun 2018 dengan nilai biaya pembangunan sebesar 21 Miliar, dan mulai pembangunan pada tahun 2019 yang direncanakan akan selesai pada November 2019 namun pada tanggal 21 Agustus 2019 terjadi insiden yang cukup besar di Jayapura dan Wamena sehingga mengalami keterlambatan dari jadwal yang ditentukan, sehingga dijawalkan ulang akan selesai pada Januari 2020 namun mengalami keterlambatan lagi karena pandemi Covid-19.

Adapun luas pembangunan Mako Polres Tolikara sebesar 775 Meter dan masih ada beberapa fungsi yang tidak bisa mendapatkan bangunan atau ruangan yaitu Satuan Sabhara, Narkoba dan Perencanaan.

Kami juga telah mengusulkan pembangunan kepada pihak Polda untuk dapat memanfaatkan lahan sisa bangunan kantor, dan mudah-mudahan Januari 2021 pekerjaan itu dapat berjalan sesuai dengan yang dianggarkan oleh Biro Rena Polda Papua.

Saat ini personel Polres Tolikara sebanyak 196 pers, 542 Kampung, 46 Distrik dengan jumlah penduduk kurang lebih 2,05 ribu. kami hanya memiliki 2 Polsek yaitu Polsek Karubaga dan Polsek Bokondini dengan kekuatan masing-masing sebanyak 14 Polsek dan 12 Personil Pospol Bokondini.

Dalam hal ini kami mengalami kesulitan namun dengan bekerja sama dengan para Kepala Suku, Ondoafi dan Stakeholder di Kabupaten Tolikara sehingga pekerjaan itu bisa ditangani dengan baik.

Tahun 2020 ini tidak ada kejadian yang menonjol yang mengganggu kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Tolikara. Saat ini pandemi covid-19 di Kabupaten Tolikara masih Zona Hijau dan masyarakat sangat antusias untuk mengatasinya.

Kami juga bekerjasama membuat terobosan dalam hal mengatasi krisis ekonomi, dengan bekerjasama dengan masyarakat kami memiliki program kampung tangguh dalam jangka panjang dan jangka pendek dimana pada Desember awal kita sudah panen perdana yang dihadirkan oleh Dinas Pertanian. Kami keluarga besar Polres Tolikara mengucapkan selamat Natal tahun 2020 dan menyongsong tahun baru 2021 semoga tuhan selalu menyertai kita sekalian.

Wakil Bupati Kabupaten Tolikara dalam kesempatanya mengatakan, disuasana natal ini kita mengucap syukur kepada tuhan karena tuhan baik dalam kehidupan kita masing-masing sehingga dalam kesempatan ini kita bisa kumpul bersama, dengan kesemptan yang sama bapak Kapolda Papua hadir dalam rangka untuk meresmikan Mako Polres Tolikara dalam suasana yang aman.

Terimakasih sekaligus apresiasi kepada bapak Kapolda karena dalam tahun 2019 Kantor Polres Tolikara sudah dibangun saya yakin kantor ini akan bermanfaat untuk memberikan pelayanaan kepada masyarakat Tolikara sesuai dengan tupoksi dan tanggung jawabnya.

Terbukti sampai hari ini pelayanan TNI-Polri dalam melayani masyarakat sangat luar biasa dimana Tolikara ini selalu aman. Sinergitas dalam melaksanakan tugas-tugas saya yakin sangat aman dalam menjaga sitkamtibmas dari wilayah-wilayah lainnya atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan selamat merayakan Natal tahun 2020 dan menyongsong tahun baru tahun 2021.

Kapolda Papua dalam kesempatanya mengatakan bahwa saya dan keluarga mengucapkan selamat natal dan selamat menyambut tahun baru bagi seluruh anggota Polres Tolikara dan seluruh masyarakat Tolikara.

Saya sampaikan bahwa kondisi saat ini sedang dipengaruhi pandemi covid-19, saya berpesan untuk tetap patuhi ketentuan prokes Covid-19 paling tidak dengan memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan apabila terdapat gejala-gelaja langsung periksa sehingga kita dapat terselamatkan.

Saya selaku Kapolda Papua mengapresiasi kepada Bupati Tolikara dan seluruh pihak yang telah turut membantu dan berupaya dengan maksimal hingga rampungnya pembangunan Kantor Polres Tolikara ini. Saya sangat berharap agar Mako ini menjadi tempat yang nyaman, bersahabat dan menjadi tumpuan untuk menyelesaikan masalah-masalah masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, Saya perlu tekankan beberapa hal sebagai berikut pertama jaga dan peliharalah bangunan kantor yang sudah ada ini dengan sebaik-baiknya. Pemeliharaan yang baik dan benar akan memberikan kenyamanan dalam bekerja serta akan memperpanjang pakainya yang tentu saja akan memberikan penghematan dalam penggunaan anggaran.

Kedua tingkatkan kinerja setiap petugas Kepolisian sebagai jawaban atas peningkatan sarana dan prasarana yang sudah ada serta hindarkan dari setiap tindakan, perbuatan, perkataan serta sikap yang kontraproduktif dengan prinsip prinsip pelayanan yang prima.

Ketiga jadikan setiap Kantor Polisi menjadi rumah bagi masyarakat dalam menyelesaikan setiap masalahnya. Oleh karena itu, tingkatkan pengetahuan, baik masalah hukum, adat istiadat, dan hukum agama serta alternatif pemecahan masalah nya sehingga akan sangat berguna dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Keempat kepada Kapolres Tolikara agar atur dengan baik dan nyaman ruang SPKT dan penjagaan agar masyarakat yang datang di Polres dapat terlayani dengan baik.

Dengan rahmat Tuhan yang maha kuasa pembangunan Mako Polres Tolikara hari ini saya resmikan dengan tepat pada tanggal 30 Desember kiranya tuhan memberkati, memberikan semangat bagi Kapolres dan seluruh jajaran dalam melayani masyarakat di Kabupaten Tolikara sehingga bisa aman dan terkendali.

Setelah sambutan Kapolda Papua menandatangi Prasasti dan pengguntingan pita peresmian Mapolres Tolikara serta meninjau bangunan Mapolres Tolikara.

Jayapura, 30 Desember 2020

(Humas Polda Papua)

Red.

Latest Posts