Sunday, March 3, 2024
HomeDalam NegeriSATGAS AMAN NUSA MATOA 2020 DALAM PENANGANAN DAN PENCEGAHAN COVID-19 DI PROVINSI...
spot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

SATGAS AMAN NUSA MATOA 2020 DALAM PENANGANAN DAN PENCEGAHAN COVID-19 DI PROVINSI PAPUA

Global Cyber News.Com|Jayapura – Pada hari Kamis tanggal 7 Januari 2021, Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah pusat dan daerah serta kebijakan Kapolri terkait penanganan Covid-19, Kepolisian Republik Indonesia membentuk Operasi Kontijensi Terpusat dengan Sandi Ops Aman Nusa II 2020 yang dipimpin oleh Kabaharkam Polri (selaku Kasatgas Ops Pusat). Untuk di Polda Papua, Kapolda sebagai Ka Opsda sedangkan Kasatgas Opsda dipimpin oleh Direktur Samapta dengan sandi Operasi Aman Nusa II Matoa 2020.

Adapun upaya – upaya yang dilakukan Polda Papua yaitu melakukan pencegahan dengan melaksanakan patroli setiap hari untuk mengantisipasi adanya kegiatan masyarakat yang mengakibatkan terjadinya kerumunan atau berkumpulnya massa, memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan/memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dan melakukan Pembagian dan Pemasangan Brosur/Stiker tentang Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Perkantoran, Perdagangan dan Pusat Perekonomian.

Polda Papua juga melakukan penanganan berupa Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat dan Sterilisasi Penyemprotan Desinfektan pada lokasi terjadinya wabah Covid 19, Sterilisasi Penyemprotan Desinfektan di Kota Jayapura dan melakukan kegiatanTim Unit Reaksi Cepat (URC) Polda Papua Dalam Penanganan Korban Meninggal Dunia Covid-19 dan Dilakukan Pemakaman Sesuai Protokol Kesehatan.

Selain itu, Polda Papua juga melakukan rehabilitasi dengan melaksanakan Pelayanan Konseling Terhadap Pegawai Negeri pada Polri Maupun Masyarakat Secara Umum dalam Wilayah Hukum Polda Papua.

Untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid 19, Polda Papua juga memberikan bantuan Sosial berupa Pendistribusian Bantuan Mabes Polri tahap I sebanyak 305 Ton, Tahap II sebanyak 305 Ton dan Tahap III sebanyak 294 Ton, Dapur Umum Tahap I selama 21 hari, Tahap II selama 32 hari Total produksi sebanyak 26.500 bungkus (500 bungkus makanan setiap hari) untuk dibagikan kepada pelaku usaha yang tidak berpendapatan tetap, masyarakat yang terdampak Covid-19 (Tukang Ojek, Penjual Pinang, Dll) dan pemberian Bantuan Sembako dari Posko Spirit Of Papua

Selain itu Polda Papua melalui Alumni Akpol Angkatan 1991 juga memberikan bantuan Sosial Berupa Paket Sembako Kepada Masyarakat dan Pemberian Sembako berupa beras sebanyak 280 Ton dari Buddha Tzu Chi Indonesia untuk Polda Papua dan Polres jajaran yang selanjutnya dibagikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Polda Papua juga mempunyai beberapa inovasi salah satu Pembentukan Kampung Tangguh (Keerom, Sarmi, Jayawijaya Dan Merauke) yang Berkolaborasi dengan Pemda Pada Program RW Tangguh, Serta Ketahanan Ekonomi dan Ketahanan Pangan (Dilaksanakan oleh Seluruh Polres) Polres Keerom Sebagai Polres Percontohan.

Memback up pemerintah daerah dalam pelaksanaan Operasi Yustisi. Dari hasil operasi, personil melakukan teguran terhadap masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan sebanyak 3.223 pelanggar, denda adminitrasi sebanyak 432 pelanggar dengan nilai denda Rp 85.900.000,-,.

Dari Upaya tersebut, Polda Papua mendapat apresiasi dari exsternal diantaranya RM. PAPEDA (Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai) Polres Jayapura yang Berhasil Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik yang juga dimanfaatkan pada Penanganan Covid-19, Apresiasi dan Penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Papua Atas Upaya Polda Papua Dalam Menangani Covid-19 dan Apresiasi dari Dinas Perindagkop Provinsi Papua atas Keberhasilan Polda Papua dalam Mengendalikan Harga Bahan Pokok di Provinsi Papua sehingga Harga Bapokting di Provinsi Papua Stabil.

Jayapura, 7 Januari 2021

(Humas Polda Papua)

Red.

Latest Posts