Sunday, September 8, 2024
spot_img
spot_img
HomeBPJS KESEHATANDialog Dengan DPRD, BPJS Kesehatan Paparkan Dampak JKN-KIS di Serdang Bedagai
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Dialog Dengan DPRD, BPJS Kesehatan Paparkan Dampak JKN-KIS di Serdang Bedagai

Global Cyber News.Com|Serdang Bedagai – DPRD Kabupaten Serdang Bedagai menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP), Rabu di ruang rapat Komisi D DPRD Serdang Bedagai. Dalam rapat lintas instansi di jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai ini, pada kesempatan ini secara khusus membahas performa layanan kesehatan di kabupaten Serdang Bedagai dan kontribusi Pemkab Serdang Bedagai membayarkan iuran JKN-KIS bagi warga Serdang Bedagai.
Kepala Kabupaten Serdang Bedagai BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam, Risdamayani Sarumaha dalam kesempatan tersebut menyampaikan mengenai dampak program JKN-KIS bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai. “Angka pemanfaatan JKN-KIS oleh masyarakat terus meningkat setiap tahunnya, artinya masyarakat yang merasakan manfaat program ini semakin banyak,” jelasnya.
Dia berujar, di Kabupaten Serdang Bedagai saat ini, dari total jumlah penduduk yang berkisar 644.000 ribu jiwa, sebanyak 62,4 persen penduduknya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. “Diantaranya ada sebanyak 42.749 penduduk yang didaftarkan oleh Pemkab Serdang Bedagai dengan kontribusi pembiayaan dari APBD Kabupaten Serdang Bedagai,” ucap Risdamayani.
Dalam hal pelayanan kepada peserta JKN-KIS, Risdamayani menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan terus berupaya memberi kemudahan akses dan layanan administrasi kepada peserta JKN-KIS. Di masa pandemi ini menurutnya institusi pelayanan publik dituntut untuk secara optimal melakukan pelayanan secara non tatap muka. “Dengan mengembangkan layanan berbasis digital yang memanfaatkan teknologi, misalnya melalui aplikasi Mobile JKN, pelayanan melalui aplikasi Whatsapp (Pandawa), dan lainnya, BPJS Kesehatan berupaya memberi pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS,” katanya di hadapan peserta rapat.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, Bulan Simanungkalit mengatakan bahwa pihaknya senantiasa mengedepankan peneingkatan kualitas layanan kesehatan di daerahnya. “Kita terus koordinasi dengan yang terkait seperti RSUD, Puskesmas dan BPJS Kesehatan. Prioritas adalah masyarakat terlayani dengan baik, walaupun dengan segala kondisi pandemi saat ini,” pungkasnya.
Di Kesempatan yang sama, Ketua DPRD Serdang Bedagai, Muhammad Riski Ramadhan Hasibuan meminta agar program-program yang berkenaan langsung dengan kepentingan kesejahteraan masyaraat terus dikedepankan. “Pelaksanaannya harus dengan koordinasi yang baik karena ini tidak bisa sendiri-sendiri,” pungkasnya. Terkait penduduk yang dibayarkan iurannya oleh Pemkab Serdang Bedagai, Riski menyampaikan agar dilakukan pendataan secara akurat, agar dimanfaatkan oleh yang benar-benar membutuhkan, demi terlaksananya pelaksanaan anggaran daerah secara tepat sasaran.

Red.

Latest Posts