Saturday, October 19, 2024
HomeDalam NegeriBC Belawan Tetap Antisipasi Masuknya Barang-Barang Ilegal
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

BC Belawan Tetap Antisipasi Masuknya Barang-Barang Ilegal

Global Cyber News.Com|-Medan I Sepanjang tahun 2020 Bea Cukai (BC) Belawan bersama pihak Lantamal dan pihak Keamanan Laut Malaysia telah berhasil menghentikan laju perdagangan ilegal seperti penyeludupan rokok tanpa cukai, pakaian eks luar negeri dan lainnya.

“Namun saat ini jumlah hasil tangkapan itu belum dapat dirinci. Nanti kita berikan data yang pasti,” ucap Kepala Bea Cukai (BC) Belawan, Tri Utomo diwakili Donny Muliawan selaku Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi/Humas Bea Cukai Belawan, Donny Muliawan saat menerima audiensi pengurus dan anggota Komunitas Aksi Jurnalis Independen (KAJI) Unit DPRD Sumut di kantor BC Belawan pada Kamis, (18/2).

Pada kesempatan itu Doni didampingi Ma’ruf Amin selaku Kepala Sub Bagian Umum dan Despan Sinaga selaku Fungsional Pertama. Sedangkan pengurus dan anggota KAJI Unit DPRD Sumut diantaranya Ketua,Wakil Ketua, Budiman Pardede, Parsaroan Sitorus, Budiman Pardede, SSos, Plt Sekretaris Susandi, Bendahara,Noverson Sinaga SE serta anggota Gibson Marbun, H.Amir Alamsyah Lubis dan Bahren Rambe.

Doni juga mengapresiasi KAJI Unit DPRD Sumut yang sudah melakukan berbagai kegiatan aksi sosial selama beberapa tahun dan berharap aksi dengan sentuhan kemanusiaan dapat ditingkatkan.

Menurut Doni, Bea Cukai Belawan saat ini kerap melakukan antisipasi terhadap masuknya barang-barang bekas dari luar negeri di perairan Belawan dan sekitarnya dengan kapal patroli bersama Polairud. Menyusul operasi terkoordinasi antara Lantamal, Bea Cukai Belawan dan Malaysia saling tukar informasi kedua negara.

Terkait masalah duling time, lanjut Doni, pihaknya tetap menjalankan arahan dari Presiden tentang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang ditindaklanjuti dgn Nasional Logistik Ekosistem (NLE) untuk memangkas pengeluaran barang-barang impor maupun ekspor.

“Hingga kini dengan adanya gerakan tersebut laju, Bea Cukai Belawan bersama Badan Karantina Belawan (BKB) bisa menghemat waktu dua hari. Biasanya aktivitas pemasukan dan pengeluaran memakan waktu tiga hari. Tapi dengan adanya perubahan baru ini bisa selesai kurang dari sehari,” ucap Doni seraya menambahkan bahwa semua itu tergantung dengan tingkat kesulitan saat membenahi barang-barang dalam kontainer.

Sementara Ketua KAJI Unit DPRD Sumut, Budiman Pardede, S.Sos menyampaikan terima kasih kepada Kepala Bea Cukai, Tri Utomo yang telah berkenan membantu 100 anak yatim piatu di Panti Asuhan Anak Gembira di Perumnas Simalingkar Medan saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 lalu.

Budiman juga menuangkan sejarah berdirinya KAJI Unit DPRD Sumut, 27 Januari 2017. Dilanjutkan dengan pelantikan pengurus KAJI Unit DRPD Sumut sekaligus menggelar seminar peralihan kepengurusan SMK/SMA dari Pemkol/Pemkab ke Pemrpovsu di Aula Martabe kantor Gubsu.

Disusul dengan bakti sosial (Baksos), sosialisasi bahaya narkoba dan pemberian masker saat menjelang Idul Fitri, Natal Tahun Baru, Imlek pada tahun 2017-2020 dan terakhir pada 27 Januari 2021, melaksanakan Baksos dan HUT ke 4 KAJI Unit DPRD Sumut di Panti Asuhan Al Marhamah Medan Sunggal bersama Pembina KAJI Unit DPRD Sumut, Zeira Salim Ritonga dan Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumut, Robert Lumban Tobing.

Saat itu Budiman juga menuangkan sejumlah pertanyaan dan masukan sebagai langkah-langkah untuk penguatan BC Belawan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya ke depan. (pl)

Red. Pandi Lubis

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Posts