Saturday, February 24, 2024
HomeNasionalBI Sumut Optimis Target 256 Ribu Merchant QRIS Tercapai Pada Akhir 2021
spot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

BI Sumut Optimis Target 256 Ribu Merchant QRIS Tercapai Pada Akhir 2021

Global Cyber News.Com|-Medan I Target perolehan merchant sebesar 256.000 merchant Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) diyakini bisa tergapai pada akhir tahun 2021.Hal itu ditandai dengan adanya rencana kegiatan yang dapat meningkatkan ekonomi rakyat. Saat ini sudah ada 244.000 merchant. Implementasi QRIS merupakan salah satu inovasi BI dalam mendukung terciptanya ekosistem digital di daerah.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kpw Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut, Soekowardojo saat Bincang Bareng Media (BBM) di gedung BI Sumut, Jalan Balai Kota Medan, Senin (22/2).

Menurut Soekowardojo, pendekatan dengan berbagai target perluasan potensial akan menjadi fokus utama yang dilakukan KPw BI Sumut untuk mendorong perluasan QRIS. Kondisi pandemi yang masih belum reda membuat transformasi digital semakin penting, terutama dari sisi pembayaran.

Sementara Andiwiana mengakui bahwa grafik transaksi penggunaan uang tunai yang juga semakin menurun di masyarakat dibanding penggunaan uang digital. Karena saat ini di masa Pandemi Covid-19, masyarakat cenderung memilih melakukan pembayaran lewat transfer..

“Kami optimistis target pengembangan merchant QRIS bisa tercapai hingga akhir tahun 2021. Karena KPw BI Sumut telah memiliki cara tersendiri seperti melakukan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan jasa sistem pembayaran yang aktif mendukung program ini,” ucapnya.

Disebutkan, upaya ini untuk mendukung target 12 juta merchant pengguna QRIS secara nasional. Selain itu, 85 persen merchant QRIS tersebar di wilayah Medan, Deli Serdang, Karo dan Binjai.

“Berbagai strategi perluasan QRIS akan terus disinergikan dengan berbagai stakeholder mulai dari pelaksanaan edukasi, fasilitasi hingga kolaborasi berbagai kegiatan yang inovatif,” katanya.

Diketahui, QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code yang lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya..(pl)

Red. Pandi Lubis

Latest Posts