Saturday, October 19, 2024
HomeDalam NegeriSoekowardojo Berharap Gernas BBI Mampu Bangkitkan Pariwisata di Sumut
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Soekowardojo Berharap Gernas BBI Mampu Bangkitkan Pariwisata di Sumut

Global Cyber News.Com|-Medan I Angin segar tampaknya mulai berhembus dalam dunia pariwisata di Sumut. Karena saat ini Bank Indonesia Provinsi Sumut mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021 di Sumut dengan tema “Beli Kreatif Danau Toba (BKDT).
Dukungan ini dilakukan baik pada saat Pre Launching, Grand Launching, maupun Post Launching.

“Kita berharap dengan adanya Gernas BBI ini dunia pariwisata di Sumut dapat bangkit dan mendongkrak kesejahteraan masyarakat,” harap Kepala KPw BI Provinsi Sumut, Soekowardojo dalam rilisnya, Minggu (21/2/2021).

Menurut dia, untuk mensukseskan kegiatan ini BI Sumut berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) selaku Movement Manager serta K/L terkait.

Disebutkan, BI Sumut bersama BI Pematangsiantar dan BI Sibolga mempersiapkan 2 strategi besar untuk mendukung kegiatan tersebut melalui pengembangan UMKM dan ekonomi syariah serta perluasan digitalisasi sistem pembayaran melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) di 8 Kabupaten kawasan Danau Toba.

“Kontribusi Bank Indonesia dalam Gernas BBI BKDT 2021 juga merupakan wujud nyata Bank Indonesia wilayah Sumut dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.ucap Soekowardojo.

Partisipasi BI Sumut pada saat Pre Launching telah dilakukan sejak 1 – 19 Februari 2021, diantaranya melalui fasilitiasi 35 UMKM binaan untuk mengikuti proses kurasi produk oleh Tim Kurator ldEA yang selanjutkan diikutsertakan dalam rangkaian kegiatan GBBI BKDT 2021.

Kemudian partisipasi pada BKDT Fair di Mall Sumarecon, Serpong, pada 11-21 Februari 2021 dan berbagai pelatihan digital marketing serta pendampingan UMKM bekerja sama dengan marketplace. Selain itu juga dilaksanakan roadshow UMIKM Siap Digital” bersama Top Brand Gernas BBI BKDT 2021 yaitu DANA pada 15 – 18 Februari 2021.

Sedangkan Grand Launching diresmikan secara virtual oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, dan diselenggarakan secara Hybrid dari 2 łokasi yaitu Silahisabungan Dairi dan Balige Kabupaten Toba pada Sabtu, 20 Februari 2021 .

Dalam sesi penyampaian tanggapan terhadap pelaksanaan Gernas BBI BKDT 2021, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas suksesnya kegiatan ini.

Dia juga menyatakan kesiapan 46 Kantor Perwakilan BI di Dalam negeri dan 5 Kantor Perwakilan BI di Luar Negeri untuk turut berpartisipasi mendukung penuh kesuksesan Gernas BBI 2021.

Saat itu Gubernur Bank Indonesia, Menko Marves, Menteri Keuangan dan Menteri Kominfo juga mencoba melakukan belanja online jarak jauh dengan menggunakan QRIS melalui dompet elektronik dari gawai masing-masing.

Dua UMKM binaan Bank Indonesia IR & IR Songket Deli dan Dame Ulos berkesempatan untuk berdialog dan menawarkan produknya secara langsung kepada Gubernur Bank Indonesia dan Menko Marves.

Dukungan lain yang diberikan BI Sumut adalah melalui sinergi dengan Pemkab Dairi, menampilkan fashion show kain etnik khas daerah Sumut dengan melibatkan UMKM binaan dan fashion designer nasional yaitu Wignyo Rahardi dan Merdi Sihombing.

Selanjutnya kegiatan Post Launching akan berlangsung hingga akhir Maret 2021 , dengan beberapa kegiatan yaitu penyelenggaraan program inkubasi desain dan produksi fesyen oleh Wignyo Rahadi pada 22 Februari — 11 Maret 2021. Menyusul Chanelling serta Business Matching UMKM dengan marketp/ace dimulai pada 28 Januari — 28 Februari 2021.

Selain itu juga diadakan penyelenggaraan showcasing produk UMKM di Bandara Kualanamu dan Silangit dari Februari hingga Desember 2021.

Demikian juga pelaksanaan program edukasi QRIS melalui penayangan video experience penggunaan QRIS dan atraksi barista “Ngopi Enak Satu Rupiah” yang diselenggarakan di Bandara Kualanamu, setiap Sabtu dan Minggu selama Februari hingga Maret 2021. (pl)

Red. Pandi Lubis

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Posts