Sunday, September 8, 2024
spot_img
spot_img
HomeDalam NegeriOJK KR5 Sumbagut dan Pemkab Taput Gelar Business Matching UMKM Sumut Go...
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

OJK KR5 Sumbagut dan Pemkab Taput Gelar Business Matching UMKM Sumut Go Digital

Global Cyber News.Com|I Dalam rangka terus mendukung percepatan pemulihan ekonomi melalui penguatan UMKM di masa pandemi COVID-19, Otoritas Jasa Keuangan(OJK) KR5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) bersama Pemkab Tapanuli Utara (Taput) melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) menggelar Business Matching UMKM Go Digital dengan topik “Pemasaran Online di Marketplace dan Pemanfaatan QRIS untuk Transaksi Pembayaran” pada Kamis,(15/4).

Acara tersebut menghadirkan narasumber dari OJK, Shopee Indonesia dan Bank Indonesia (BI) secara virtual dan diikuti 100 pelaku UMKM potensial binaan TPAKD di beberapa kabupaten/kota se-Sumut yaitu Kabupaten Taput, Kota Tanjungbalai, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Andi Muhammad Yusuf selaku Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK dan Kemitraan Pemda OJK Regional 5 Sumbagut menyampaikan bahwa di masa pandemi ini perlu solusi bersama untuk mendorong UMKM agar cepat bangkit dan pulih dari dampak pandemi. OJK memperkuat sinergi dengan stakeholders terutama dengan Pemda, BI, dan Lembaga Jasa Keuangan melalui TPAKD untuk berbagai upaya penguatan kepada pelaku UMKM baik dari aspek usaha, permodalan, dan pemasaran agar UMKM dapat bangkit dan naik kelas.

“Untuk mendorong UMKM naik kelas dan sebagai upaya solusi pemulihan aktifitas UMKM di masa pandemi, tidak hanya dilakukan melalui fasilitasi akses kredit/pembiayaan, namun juga melalui fasilitasi kegiatan pemasaran dan sistem pembayaran secara digital sehingga transaksi dapat terjadi secara cashless, real time dan lebih efisien. Hal inilah yang melatarbelakangi penyelenggaraan kegiatan kali ini, terlebih di saat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, dimana akitivitas masyarakat dalam berbelanja dan melakukan pembayaran, diarahkan untuk menggunakan platform digital berbasis web dan aplikasi,” ujar Andi dalam siaran rilisnya, Kamis (22/4).

Pada kesempatan itu Osmar Silalahi selaku Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Taput menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada OJK KR 5 Sumbagut, BI dan Shopee Indonesia yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini, sejalan dengan arah kebijakan pengembangan UMKM, yaitu peningkatkan daya saing, perluasan akses pasar dan akses jasa keuangan.

Menurut Osmar, pemerintah telah menggagas gerakan nasional ‘Ayo UMKM Berjualan Online” bersama penyedia jual beli online (Marketplace) dengan bekerjasama dengan pemangku kepentingan untuk mengajak seluruh pelaku usaha kecil dan menengah mengoptimalkan tehnologi digital guna meningkatkan performa usaha UMKM di Indonesia.

Terlebih di masa pandemi COVID-19 dimana banyak pelaku UMKM yang terkena imbas dari sisi ekonomi, dikarenakan tidak dapat berinteraksi di pasar akibat pembatasan ruang dan gerak.

“Melalui pelaksanaan kegiatan ini seluruh pelaku UMKM peserta kegiatan diharapkan dapat meresapi dan mengaplikasikan materi yang diberikan para narasumber dengan sebaik mungkin demi pemulihan dan kemajuan usaha. Pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan gerbang pembuka untuk bentuk-bentuk kolaborasi bersama antara Pemda, OJK, BI, Praktisi, Penyedia Jasa dan Pelaku UMKM yang dapat direplikasi di masa-masa mendatang,” tambah Osmar.

Narasumber lainnya, yakni M. Riva Yozi Pratama dan Khoiruddin dari Shopee Indonesia dan Siti Senorita dari Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumut. Kegiatan serupa akan direplikasi di masa mendatang melibatkan Kabupaten/Kota lainnya di Sumut. (pl)

Red. Pandi Lubis

Latest Posts