Saturday, February 24, 2024
HomeDalam NegeriKAPOLDA PAPUA HADIRI BAKTI KESEHATAN DALAM RANGKA HUT BHAYANGKARA KE 75
spot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

KAPOLDA PAPUA HADIRI BAKTI KESEHATAN DALAM RANGKA HUT BHAYANGKARA KE 75

Global Cyber News.Com|Jayapura – Pada hari Selasa tanggal 29 Juni 2021, bertempat di Aula Rumkit Bhayangkara Tk. III Jayapura Jalan Jeruk Nipis Furia Indah Kotaraja Kelurahan Wahno Kecamatan Abepura Kota Jayapura telah dilaksanakan kegiatan Bakti Kesehatan operasi hernia dan katarak dalam rangka Hari Bhayangkara ke 75 yang dipimpin oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si., Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, S.IK., Kabid Dokkes Polda Papua Kombes Pol Dr. Nariyana, Pejabat Utama Polda Papua, Perwakilan PT Sinarmas Yayasan Budda Tzu Chi Indonesia dan Bhayangkari.

Kabid Dokkes Polda Papua dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bermitra dengan PT Sinarmas untuk bekerjasama melakukan pelayanan kesehatan ke masyarakat sekitar lahan sawit agar terbebas dari hernia, katarak dan bibir sumbing.

Untuk pesien bibir sumbing di Papua sudah tidak ada jadi yang ada hanya pasien hernia dan katarak yakni total ada sebanyak 39 pasien katarak, hernia sebanyak 4 pasien. Untuk pasien hernia ada yang masih berumur 15 bulan.

Kapolda Papua dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana kita ketahui bahwa didalam masyarakat terdapat sebuah hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara yaitu hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan sesuai yang tertuang dalam UUD 1945. Upaya pelayanan kesehatan yang diberikan pun juga harus merata dan terjangkau, sebagai bentuk pertanggung jawaban pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya.

Oleh sebab itu, Polri sebagai alat Negara dapat mengambil peran aktif untuk ikut serta dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pula ikatan emosional dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Pada hari ini kita hadir untuk melaksanakan bakti kesehatan operasi katarak dan hernia yang diperuntukkan bagi masyarakat di Jayapura dan ini tidak dibebankan biaya sepeserpun. Semua pelayanan meliputi operasi, rawat inap, dan pengobatan pasca operasi akan diberikan secara gratis. Terbatasnya dokter spesialis mata di Kota Jayapura menjadi kendala bagi penderita katarak untuk melakukan pengobatan, selain itu juga biaya operasi juga menjadi beban bagi keluarganya.

Sebagaimana kita ketahui penyakit katarak adalah penyakit berbahaya dan perlu penanganan serius dan cepat, karena penyakit katarak ini dapat menyebabkan seseorang bisa mengalami kebutaan. Oleh karena itu, penderita katarak ini harus segera mendapatkan pengobatan lebih lanjut dengan operasi yang aman. Sama halnya dengan katarak, penderita hernia juga harus segera dilakukan operasi untuk menyembuhkan penyakitnya tersebut. Hernia merupakan penyakit yang ditandai dengan tonjolan keluar dari organ atau jaringan lain akibat adanya bukaan yang tidak normal di tubuh. Untuk itulah sebagai langkah strategis dalam upaya membantu dan meringankan beban masyarakat bagi penderita katarak dan hernia perlu kiranya kita melaksanakan kegiatan bakti kesehatan operasi katarak dan hernia secara gratis.

Kegiatan kita pada hari ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-75 yang dilaksanakan secara nasional. Pada tanggal 26 Juni kemarin kita telah melaksanakan vaksinasi massal Covid-19 serentak secara Nasional, kemudian pada pertengahan juni ini kemarin kita telah melaksanakan bakti kesehatan operasi bibir sumbing dan langit-langit di Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura yang berjalan aman dan lancar.

Bakti kesehatan kali ini akan dilakukan kepada 39 (tiga puluh sembilan) pasien penderita katarak dan 4 (empat) pasien penderita hernia. Adapun pelaksanaan operasi akan dilakukan selama 3 hari yaitu tanggal 29 Juni, 30 Juni, dan 1 Juli dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Besar harapan saya kegiatan ini tidak hanya pada peringatan hari bhayangkara saja, namun bisa berkelanjutan untuk masyarakat yang membutuhkan. Terakhir pesan saya, mari kita sebagai anggota Polri agar selalu meingkatkan pengabdian kita kepada masyarakat bangsa dan negara melalui karya nyata dan tindakan konkret di lapangan, sehingga kita dapat terus melayani dengan baik dan profesional. Serta dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi polri dan masyarakat.

Diakhir kegiatan dilaksanakan penyerahan cenderamata secara simbolis kepada pasien oleh Kapolda Papua, Kabid Dokkes Polda Papua dan Perwakilan PT Sinarmas.

Jayapura, 29 Juni 2021

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua

Red.

Latest Posts