Thursday, July 25, 2024
spot_img
HomeNasionalKemendagri Lakukan Internalisasi Core Values BerAKHLAK bagi ASN di Kabupaten Karimun
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Kemendagri Lakukan Internalisasi Core Values BerAKHLAK bagi ASN di Kabupaten Karimun

Global Cyber News.Com|Karimun – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan peluncuran dan internalisasi core values BerAKHLAK dan Employer Branding bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Kepulauan Riau (Kepri). Kegiatan digelar di Ruang Nilam Sari Perkantoran Pemkab Karimun selama dua hari, 23-24 April 2022. Adapun Tema yang diangkat yaitu “ASN BerAKHLAK, Karimun Bangkit, Bangga Melayani Bangsa dan Berkarya”.

“Bapak Presiden mengatakan bahwa seluruh ASN yang bekerja dibiayai oleh APBN dan APBD itu menggunakan satu nilai-nilai budaya kerja, yang tadi telah beliau canangkan bulan Juni tahun kemarin sebagai budaya kerja BerAKHLAK, Berorientasi pada pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro saat memberikan sambutan dalam kegiatan itu, Sabtu (23/4/2022).

Suhajar menjelaskan, pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi concern presiden. Sebab, saat ini dunia sudah berubah dengan sangat cepat, atau yang disebut sebagai revolusi keempat atau revolusi digital berbasis internet. Konsekuensinya, kehidupan hari ini sudah tidak sama dengan zaman dahulu di era revolusi industri sebelumnya. Begitu pula halnya dengan kepemimpinan hari ini. Para pemimpin saat ini dituntut agar mampu melakukan pelayanan publik dengan cara-cara milenial.

“Oleh karena itu Bapak Presiden mengatakan SDM ini tidak bisa kalau tidak diadakan upaya-upaya untuk mengantisipasi perubahan-perubahan lingkungan strategis eksternal maupun internal. Dibutuhkan upaya besar untuk mengelola sumber daya manusia ini dengan benar,” ujarnya.

Sementara itu, kata Suhajar, Kepri patut berbangga karena berhasil menempati posisi keempat se-Indonesia dalam pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Dia menilai kualitas manusia di Kepri sudah cukup tinggi, karena IPM diukur dari tiga indikator yang meliputi pendidikan, kesehatan, dan ekonomi (pendapatan). Dia berharap, kegiatan peluncuran dan internalisasi BerAKHLAK ini dapat memberikan pencerahan dan mendukung pemerintah daerah dalam melakukan perbaikan-perbaikan pembangunan di Kabupaten Karimun.

“Core values BerAKHLAK ini, mari kita jadikan budaya kerja kita bersama! Sehingga kita bangga melayani bangsa, bangga melayani rakyat,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Suhajar mengaku, kehadirannya di tanah kelahirannya tersebut seperti sebuah mimpi. Ia mengenang perjalanan kariernya di masa lalu di Karimun sejak menjadi sekretaris kecamatan, lalu pindah ke provinsi, menjadi rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), hingga saat ini menjadi Sekjen Kemendagri. Adapun kali ini, ia datang ke Karimun bersama dengan pendiri ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian.

Puspen Kemendagri

Red.

Latest Posts