Saturday, July 27, 2024
spot_img
HomeNasionalWabup Rahmat Santoso : Persoalan Jalan Rusak Di Kab Blitar Tidak Boleh...
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Wabup Rahmat Santoso : Persoalan Jalan Rusak Di Kab Blitar Tidak Boleh Berlarut Larut Harus Ada Solusi Konkret

Global Cyber News.Com|– Blitar –
Sebagai upaya mendukung Penanaman Modal Asing (PMA) Pabrik Gula PT RMI dan menjaga hubungan kerja yang baik antara Pemerintah Kabupaten Blitar, dengan pihak Investor

Pemkab Blitar tengah melakukan koordinasi dengan Kementrian PUPR, tentang Dana Hibah untuk Peningkatan Ruas Jalan Brongkos – Jolosutro, ” ujar Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso Senin ( 09/05/2022)

Pabrik Gula PT RMI adalah proyek strategis pemerintah dalam menjamin kebutuhan dan ketersediaan gula nasional. Terkait hal itu, pemkab Blitar pernah membuat usulan ke Kementerian PUPR melalui DPD RI, meskipun belum berhasil,” ujar Wakil Bupati Rahmat Santoso.

Pemkab Blitar, akan terus berupaya untuk mendapatkan cara lain, melalui DAK atau dana hibah perihal pembangunan infrastruktur dan pembangunan SPAM.

Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso juga menegaskan ,” persoalan jalan rusak di Kabupaten Blitar tidak boleh berlarut-larut dan harus segera dicarikan solusi konkret,” tegas Rahmat Santoso.

“Perbaikan jalan di jalur pabrik gula RMI menjadi prioritas karena selama ini dikeluhkan dan membuat warga resah.

Selain itu Kabupaten Blitar merupakan salah satu daerah yang menjadi lokasi investasi PMA salah satunya PT RMI di Kecamatan Binangun yang bergerak di bidang Industri Pabrik Gula dan juga merupakan salah satu pemasok kebutuhan pangan nasional,” jelas Wabup Blitar Rahmat Santoso.

Pemilik Rejoso Manis Indonesia (RMI) sudah melakukan permohonan kepada Presiden RI Joko Widodo terkait dengan kondisi jalan yang buruk menuju pabrik gula PT RMI ,” ungkap Wabup Rahmat Santoso.

Wabup Rahmat Santoso menambahkan ,” Dan Apabila itu, Kementerian PUPR tidak segera memberikan bantuan DAK Penugasan atau dana hibah maka persoalan jalan rusak menuju pabrik gula PT RMI ini akan menjadi masalah bagi masyarakat dan dimungkinkan juga berhubungan dengan ketersediaan bahan pangan nasional berupa gula yang terhambat akibat jalur transportasi logistik yang tidak layak.

Terdapat 14 ruas yang menjadi prioritas peningkatan kualitas jalan dengan tahap awal ruas jalan Brongkos-Jolosutro. Namun menurut Wabup Blitar Rahmat Santoso, mengatakan,” realisasi yang dapat terlaksana tergantung pada kemampuan APBN dan mekanisme yang ada ,” ujar Wabup Rahmat Santoso.

Tugas Pemerintah Daerah adalah mengusahakan dan melakukan terobosan untuk untuk mewujudkan rencana tersebut . Untuk operasional pabrik gula sementara ditutup karena keinginan warga atas kondisi jalan yang ada.

Selain untuk mendukung iklim investasi di Indonesia, peningkatan kualitas jalan nantinya akan membantu meningkatkan perekonomian serta pariwisata warga setempat ,” ungkap Wabup Blitar Rahmat Santoso.

Saat ini Wabup Blitar Rahmat Santoso, tengah dalam perjalanan menemui Menteri PUPR dan Sekjen PUPR guna melakukan koordinasi kerja sama pembangunan kualitas jalan di Kabupaten Blitar.

Red.

Latest Posts