Tuesday, May 28, 2024
HomeSportKetua MPR RI Bamsoet Buka Danau Toba Rally - Grand Final Asia...

Related Posts

Featured Artist

Ketua MPR RI Bamsoet Buka Danau Toba Rally – Grand Final Asia Pacific Rally Championship 2023 di Danau Toba

globalcybernews.com – PARAPAT – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka Grand Final Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023 seri ke-7 dan Danau Toba Rally 2023 seri ke-4 sekaligus babak final Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally IMI 2023 yang digelar di Danau Toba Sumatera Utara (Sumut). Kejuaraan balap Danau Toba Rally – Grand Final APRC 2023 yang dilaksanakan tanggal 24-26 November 2023 akan menentukan juara reli Asia Pasifik dan juara nasional untuk tahun ini.

“Danau Toba Rally seri ke-4 diikuti oleh 70 peserta. Dimana 52 pembalap mengikuti Kejurnas rally, 11 pembalap mengikuti Kejurnas dan APRC serta 7 pembalap khusus mengikuti APRC. Selain dari Indonesia, para pembalap datang dari Selandia Baru, India, Australia, Brazil, Portugal dan Thailand,” ujar Bamsoet usai membuka Danau Toba Rally – Grand Final APRC 2023 di Kaldera Toba Nomadic Escape, Parapat Sumut, Jumat (24/11/23).

Hadir Pengurus IMI Pusat antara lain Dewan Pembina Yorrys Raweyai, Bendahara Umum Iwan Budi Buana, Wakil Ketua Umum Ananda Mikola, Rifat Sungkar, Tengku Irvan Bahran, Junaidi Elvis, Hubungan Antar Lembaga Erwin MP serta Komunikasi dan Media Dwi Nugroho.

Turut hadir PJ Gubernur Sumut Hassanudin, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Bupati Toba Poltak Sitorus, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, Pembina IMI Sumut Musa Rajekhsah dan Ketua IMI Sumatera Utara Harun Mustafa Nasution.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, total ada 12 spesial stage (SS) yang harus diikuti para pembalap selama tiga hari. Rally akan dilakukan di beberapa lokasi sekitar Danau Toba, seperti Kaldera, Tobasari, Gorbus, Negeri Dolok dan Huta Tonga.

Kendaraan rally yang digunakan para pembalap juga sangat beragam dan menarik. Semisal, mobil Hyundai i20 N Rally 2 yang masing-masing akan dikemudikan Sean Gelael/Hugo Magalhaes; Ricardo Gelael/Gabriel Morales; Rahmat/Hade Mboi, Rihans/Anthony Sarwono dan Sudirman Andi Arsyad/Yudi Herwanto. Mobil Toyota C-HR AP4 dikemudikan Mike Young/Amy Hudson; Mana Pornsiricherd/Thanyaphat Meenil dan Sanjay Takale/Musa Sherif.

“Mobil Skoda akan digunakan Rifat Sungkar/Benyamin Searcy dan Musa Rajekhsah/Hervian Soejono. Ford Fiesta Rally 3 dipakai Dypo Fitramadhan/Edwin A, Nasution dan Achmad Aldo Oekon/Respati Adhi. Serta Subaru WRX STi yang dipakai Jahaan Gill/Suraj Prasad; M. Suhem Kabeer/Srinivas Murthy dan Lokesh Venkayesh/Ashwin Naik,” kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum FKPPI dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila serta Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia menuturkan, keberhasilan penyelenggaraan APRC Danau Toba 2023 akan menjadi nilai lebih bagi Indonesia, khususnya Sumatera Utara untuk kembali menyelenggarakan kejuaraan balap internasional. Terlebih, pada tahun 2025, salah satu seri Rally dunia World Rally Championship (WRC) akan digelar di Sumatera Utara.

IMI memastikan Indonesia telah melakukan sign NDA Agreement dengan WRC Promoter untuk memulai persiapan business plan dan action plan sesuai SOP FIA dan WRC Promoter. Sehingga Indonesia bisa menjadi tuan rumah FIA World Rally Championship pada tahun 2025, dengan lokasi penyelenggaraan di Kawasan Danau Toba Sumatera Utara.

“Penyelenggaraan WRC di Sumatera Utara tahun 2025 akan mengembalikan kejayaan penyelenggaraan rally di Indonesia. Kejuaraan rally di Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang. Dimulai pada tahun 1986 dengan menyelenggarakan Trans Sumatera Rally, kemudian Asia Pacific Rally pada tahun 1989, 2000, 2019, dan 2022, serta World Rally Championship pada tahun 1996-1997,” pungkas Bamsoet. (*)

Red

Latest Posts