Friday, May 31, 2024
HomeRegionalJawa TimurBupati Blitar Hadiri Penutupan TMMD Ke-119, Sinergi Bersama Bangun Kesejahteraan Rakyat

Related Posts

Featured Artist

Bupati Blitar Hadiri Penutupan TMMD Ke-119, Sinergi Bersama Bangun Kesejahteraan Rakyat

Globalcybernews.com, Blitar

Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri upacara penutupan pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-199 di Desa Wonotirto Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar pada Rabu (20/3/2024). TMMD telah dimulai sejak 20 Februari 2024 sampai 20 Maret 2024, jadi pelaksanaannya genap satu bulan.

Upacara penutupan TMMD dipimpin langsung Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rafael Granada Baay di lapangan SMPN 1 Wonotirto, Kabupaten Blitar. 

Acara tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar M Rifa’i, Sekda Kabupaten Blitar, Forkopimda, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Blitar.

Dalam sambutannya Bupati Rini Syarifah mengatakan bahwa tujuan TMMD ke-119 di Kecamatan Wonotirto TNI bersama-sama Polri dan pemerintah daerah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam pelaksanaan TMMD ini TNI bersama-sama Polri dan pemerintah daerah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurutnya TNI ingin membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan khususnya di daerah tertinggal, terpencil, terisolasi atau desa-desa terdalam.Pembangunan fisik dalam kegiatan TMMD di Desa/Kecamatan Wonotirto berupa pembangunan talud, perbaikan rumah tidak layak huni, pembangunan tandon air, perbaikan dam, drainase dan rabat jalan.

“Ada dua kegiatan dalam pelaksanaan TMMD, yaitu, kegiatan fisik dan kegiatan non-fisik. Kegiatan fisik berupa pembangunan infrastruktur yang saat ini dilaksanakan di 5 kabupaten di Jatim, salah satunya di Kabupaten Blitar,” ujarnya.

“Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah membangun infrastruktur masyarakat desa,” imbuhnya.

Sedang untuk kegiatan non-fisik, yaitu kegiatan sosialisasi yang dilakukan bersama teman-teman Polri dan OPD di lingkungan Pemkab Blitar kepada masyarakat. Kegiatan sosialisasi yang dilakukan, antara lain soal bahaya narkoba dan soal aturan hukum. Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar memberikan sosialisasi bidang kesehatan kepada masyarakat.

“Makanya, disini bisa dilihat ada Polri, TNI baik dari Marinir dan Paskhas, bahkan dari unsur masyarakat juga ikut bergabung dalam kegiatan ini,” tambahnya

Bupati Blitar yang kerap disapa Mak Rini mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih serta berharap pelaksanaan TMMD bisa digelar lagi di desa lain di Kabupaten Blitar.

“Kepada TNI, kami mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan TMMD di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Saya juga berpesan kepada warga agar merawat bangunan yang telah dibangun lewat TMMD. Kepada warga agar merawat bangunan yang telah dibangun dalam kegiatan TMMD,” pungkasnya. (REG)

Latest Posts