Thursday, June 13, 2024
HomeUncategorisedBappedalitbang Kabupaten Blitar Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 Dan RKPD 2025, Bahas Lima...

Related Posts

Featured Artist

Bappedalitbang Kabupaten Blitar Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 Dan RKPD 2025, Bahas Lima Prioritas

Globalcybernews.com, Blitar

Dalam rangka penyampaian program pembangunan jangka pendek, menengah dan jangka panjang, Bappedalitbang Kabupaten Blitar menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk RPJPD Tahun 2025-2045, sekaligus Musrenbang RKPD Tahun 2025. Kegiatan ini bertema dengan tema “Penguatan SDM Unggul dan Ekosistem Ekonomi Lokal untuk Kemandirian Ekonomi Daerah”.

Tema ini dijabarkan dengan 5 (lima) prioritas pembangunan yakni peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan percepatan pengentasan kemiskinan; peningkatan SDM pelaku ekonomi dan pemberdayaan masyarakat; peningkatan produktivitas ekonomi lokal dan manajemen distribusi; penguatan e-government dan pelayanan publik; dan pemantapan infrastruktur ekonomi serta lingkungan hidup.

Selain Musrenbang, juga diadakan Musyawarah PENA INTAN (Perempuan, Anak, Penyandang Disabilitas serta Kelompok Rentan Lainnya) Kabupaten Blitar Tahun 2025 dan Rembuk Stunting Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Blitar Rini Syarifah di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN) pada Selasa (26/03/2024). 

Hadir dalam kegiatan Ketua Bappedalitbang Wahyu Rully Prasetyowanto, Forkopimda, Wakil Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, para Pejabat di Lingkungan Pemkab Blitar, Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur,Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati wanita pertama di Kabupaten Blitar yang akrab disapa Mak Rini menyampaikan, forum ini mempunyai arti yang sangat penting. Dikarenakan melalui forum ini seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi sehingga tercapai kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Blitar Tahun 2025.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar Rini Syarifah yang kerap disapa Mak Rini menyampaikan makna dari kegiatan ini. Dikarenakan melalui kegiatan ini seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi sehingga tercapai kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Blitar Tahun 2025.

Mak Rini juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Blitar atas dukungannya mulai Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan serta Musyawarah Perempuan, Anak, Penyandang Disabilitas dan Kelompok Rentan (Musyawarah PENA INTAN) hingga Musrenbang Tingkat Kabupaten. 

Di kesempatan yang sama, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Blitar Rully Wahyu Prasetyowanto melaporkan proses Musrenbang dan Musyawarah Pena Intan ini melalui proses berdasarkan hasil konsultasi publik Ranwal RPJPD Kabupaten Blitar 2025-2045, pokok – pokok pikiran DPRD, usulan dari Desa/Kelurahan yang dimasukkan sistem SKPD di tingkat Kecamatan hingga Konsultasi Ranwal RPJPD ke Gubernur Jawa Timur.

”Musrenbang RKPD dilaksanakan secara berjenjang dalam rangka mewujudkan keselarasan pembangunan yang dimulai dari rencana pembangunan desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional untuk memastikan tercapainya tujuan pembangunan nasional,” jelasnya.(REG)

Latest Posts