Saturday, July 27, 2024
spot_img
HomeSejarah Integrasi Papua ke Dalam NKRI Sudah Final.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

 Integrasi Papua ke Dalam NKRI Sudah Final.

globalcybernews.com  -Pada Masa Kolonial, Papua Barat, sebelumnya dikenal sebagai Irian Barat atau Irian Jaya, merupakan bekas koloni Belanda, Minggu (14/1/24).

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Belanda mencoba mempertahankan kendali atas Papua Barat.

Konflik perbatasan antara Indonesia dan Belanda, yang mencakup Papua Barat, berlangsung selama beberapa tahun setelah kemerdekaan Indonesia.

Akhirnya, melalui Perjanjian New York pada 1962, Belanda setuju untuk menyerahkan administrasi Papua Barat kepada PBB, yang kemudian diserahkan kepada Indonesia.

Pada tahun 1969, referendum atau Pepera (Plebiscite), Penentuan Pendapat Rakyat diadakan di Papua Barat untuk menentukan status politik wilayah tersebut.

Hasilnya, yang dinamakan “Pepera,” menunjukkan mayoritas mendukung integrasi dengan Indonesia.

Berdasarkan hasil Pepera, Papua Barat kala itu secara resmi menjadi bagian dari Indonesia pada tahun 1969.

Wilayah ini kemudian diberi status otonomi khusus sebagai bentuk pengakuan terhadap keberagaman budaya dan konteks sejarahnya.

Sejak integrasi ke Indonesia, Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat mengalami perkembangan ekonomi, sosial, dan politik yang sangat pesat. hal tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat sebagai bagian dari Indonesia yang sah sejak tahun 1969 hingga sekarang.

Red

Latest Posts