Thursday, July 18, 2024
HomeDalam NegeriKukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 372 Kades, Patuan: Sukseskan Pilkada 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 372 Kades, Patuan: Sukseskan Pilkada 2024

globalcybernews.com  -PALUTA – Masa jabatan 372 kepada desa (kades) di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) diperpanjang, sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan kedua UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Pengukuhan dan penyerahan surat keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan kades, dilakukan Penjabat (Pj) Bupati Paluta, Patuan Rahmad Syukur Parlaungan Hasibuan SSTP MM di Halaman Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Senin (24/6/2024).

Acara tersebut diawali pengukuhan oleh Pj Bupati Paluta, dilanjutkan penyerahan SK kepada masing-masing kepala desa.

Pj Bupati Paluta,Patuan Rahmad Syukur Parlaungan Hasibuan SSTP MM, menyampaikan, pengukuhan dan penyerahan Keputusan Bupati Padang Lawas Utara tentang perpanjangan masa jabatan kepala desa se-Kabupaten Padang Lawas Utara, mendasari ketentuan pasal 39 ayat (1) dan pasal 118 huruf e UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, bahwa masa jabatan kades yang sebelumnya enam tahun menjadi delapan tahun, sehingga perlu dilakukan perpanjangan masa jabatan kepala desa dua tahun.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara, mengucapkan selamat dan sukses kepada para kepala desa yang telah dikukuhkan dan diperpanjang masa jabatannya,” ujar Patuan.

Disebutkan, dari 386 kepala desa di Kabupaten Paluta, yang dikukuhkan dan menerima SK Bupati perpanjangan masa jabatan sebanyak 372 Kades.

Sedangkan 14 kades, tidak dilakukan pengukuhan dan perpanjangan masa jabatan, karena statusnya merupakan Pj Kepala Desa.

Kepada para Kades, Pj. Bupati meminta, mengoptimalkan seluruh potensi dan sumber daya yang dimiliki, guna mendukung dan menyukseskan berbagai program pembangunan.

Sehingga, mampu mewujudkan Kabupaten Padang Lawas Utara yang semakin maju, cerdas, beriman, berakhlak, dan beradab.

“Saya juga berpesan, sukseskan program Pj Bupati Padang Lawas Utara, terutama untuk yang terdekat akan dilaksanakan program sukses pemilu dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, secara umum dapat berjalan dengan baik, aman, tertib, dan lancar,” instruksinya.

Hal ini, lanjut Pj Bupati, berkat kebersamaan dan keterpaduan serta kedewasaan berpolitik seluruh komponen masyarakat.

Harapannya, ini dapat menjadi modal bersama menghadapi Pilkada serentak, yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilaksanakan 27 November 2024 mendatang.

“Saya juga berharap, kepala desa menjadi garda terdepan memberikan contoh kepada warganya, guna mensukseskan Pilkada 2024,” tegas Patuan. (Ongkoe Harahap)

Red

Latest Posts