Thursday, July 18, 2024
HomeSejarahKENAPA ADA NEGARA INGGRIS?SEMUA DIMULAI DARI SINIPERTEMPURAN HASTINGS
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

KENAPA ADA NEGARA INGGRIS?SEMUA DIMULAI DARI SINIPERTEMPURAN HASTINGS

globalcybernews.com  -Perang Hastings terjadi pada tahun 1066 dan merupakan peristiwa penting dalam sejarah Inggris yang memunculkan William the Conqueror sebagai raja baru Inggris. Ini adalah pertempuran antara pasukan William dari Normandia, yang dipimpin oleh William sendiri, dan Harold II dari Inggris, yang merupakan raja Anglo-Saxon saat itu.

LATAR BELAKANG
Setelah kematian raja Anglo-Saxon Edward the Confessor, Harold II diangkat sebagai raja Inggris pada Januari 1066. Namun, William dari Normandia mengklaim bahwa Edward sebelumnya telah menunjuknya sebagai pewaris tahta Inggris. Hal ini memicu invasi William untuk menuntut haknya sebagai raja.

PERANG HASTINGS
Pertempuran berlangsung pada 14 Oktober 1066 di Hastings, Sussex. Meskipun Harold II dan pasukannya berhasil mengalahkan pasukan Norwegia dalam Pertempuran Stamford Bridge beberapa hari sebelumnya, mereka harus segera bergerak ke selatan untuk menghadapi pasukan William yang mendarat di Inggris.

AKIBAT PERTEMPURAN
Dalam pertempuran yang sengit, pasukan William akhirnya berhasil mengalahkan Harold II, yang tewas dalam pertempuran tersebut. William kemudian dinobatkan sebagai Raja William I dari Inggris pada Natal tahun 1066 di Westminster Abbey.

PENGARUH TERHADAP SEJARAH DUNIA

  1. Penyatuan Inggris
    William the Conqueror menyatukan Inggris di bawah pemerintahan Norman, yang menggabungkan elemen budaya Norman dan Anglo-Saxon. Ini menciptakan fondasi bagi perkembangan negara modern Inggris.
  2. Perubahan Sosial dan Politik
    Kemenangan Norman di Hastings menyebabkan penggantian aristokrasi Anglo-Saxon dengan yang Norman, dan membawa sistem feodal yang lebih terstruktur ke Inggris.
  3. Pengaruh Bahasa
    Meskipun William sendiri tidak bisa bahasa Inggris, dominasi Norman-Norman di Inggris mempengaruhi evolusi bahasa Inggris, dengan kata-kata dan struktur bahasa Norman yang memasuki bahasa Inggris.
  4. Pembentukan Kerajaan Inggris
    William the Conqueror membangun kastil-kastil dan mengatur struktur administratif yang kuat, memperkuat kekuasaan kerajaan dan mempersiapkan jalan bagi pembentukan kerajaan yang kuat di kemudian hari.

Dengan demikian, Perang Hastings dan kemenangan William the Conqueror memiliki dampak yang mendalam terhadap sejarah Inggris dan membentuk fondasi bagi perkembangan negara modern Inggris serta bahasa dan budayanya.

Sumber : 1066: The Year of the Conquest” oleh David Howarth, “The Norman Conquest: The Battle of Hastings and the Fall of Anglo-Saxon England” oleh Marc Morris, “The Norman Conquest: A Very Short Introduction” oleh George Garnett, 1066 and All That: A Memorable History of England” oleh W. C. Sellar dan R. J. Yeatman, The Battle of Hastings: The Fall of Anglo-Saxon England” oleh Harriet Harvey Wood dan berbagai sumber lain.

Latest Posts