Thursday, July 18, 2024
HomePendidikanShort Message Story:ONE DAY ONE HADISTJum'at, 5 Juli 2024 / 28 Dzulhijah...
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Short Message Story:ONE DAY ONE HADISTJum’at, 5 Juli 2024 / 28 Dzulhijah 1445

globalcybernews.com  -Sebesar-besarnya Dosa Besar

عن أَبي بكرة نُفَيع بن الحارث رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُول الله صلى الله عليه وسلم: ((ألا أُنَبِّئُكُمْ بأكْبَرِ الكَبَائِرِ؟))- ثلاثًا- قُلْنَا: بَلَى، يَا رَسُول الله! قَالَ: ((الإشْرَاكُ بالله، وَعُقُوقُ الوَالِدَيْنِ))، وكان مُتَّكِئًا فَجَلَسَ، فَقَالَ: ((ألاَ وَقَوْلُ الزُّورِ وَشَهَادَةُ الزُّورِ)). فَمَا زَالَ يُكَرِّرُهَا حَتَّى قُلْنَا: لَيْتَهُ سَكَتَ. مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.

  1. Dari Abu Bakrah iaitu Nufai’ bin al-Harits r.a’., katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda:

“Tidakkah engkau semua suka saya memberitahukan perihal sebesar-besarnya dosa besar?” Beliau menyabdakan ini sampai tiga kali. Kita-para sahabat- menjawab: “Baiklah,ya Rasulullah.” Beliau s.a.w. bersabda: “Menyekutukan kepada Allah dan berani kepada kedua  orangtua.”  Semula   beliau  s.a.w.   bersandar  lalu  duduk kemudian bersabda lagi: “Ingatlah, juga mengucapkan kedustaan serta menyaksikan secara palsu.” Beliau s.a.w. senantiasa mengulang-ulanginya kata-kata yang akhir ini, sehingga kita mengucapkan: “Alangkah baiknya, jikalau beliau diam berhenti mengucapkannya.” (Muttafaq ‘alaih)

Pelajaran yang terdapat didalam hadist :

1- Dosa ada yang besar dan kecil, dosa besar, apabila yang mengerjakan diantaranya mendapatkan ancaman dengan murka atau la’nat atau api neraka.
2- Syirik menyekutukan Allah termasuk dosa besar karena diantaranya menyimpang dari qolbun salim, sedang durhaka kepada orang tua juga termasuk dosa besar diantaranya karena keluar dari tabiat manusia.
3- Mengucapkan kedustaan dan menyaksikan secara palsu termasuk dosa besar yang banyak deremehkan manusia.
Semula   beliau  s.a.w.   bersandar  lalu  duduk kemudian bersabda lagi: “Ingatlah, juga mengucapkan kedustaan serta menyaksikan secara palsu. Sebab begitu besar perhatiannya karena manusia begitu banyak mempermudah akan terjadi dan meremehkannya dan mengangkat banyaknya kedengkian dan permusuhan.

Tema hadist yang berkaitan dengan al quran :

1- Siapa pun yang mempersekutukan Allah sungguh telah berbuat dosa yang sangat besar.” Pahala amalnya terhapus sehingga menjadi sia-sia.

ذَلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Itulah petunjuk Allah, yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan (Al An’am ayat 88)

2- Perentah berbakti kepada kedua orang tua dan larangan durhaka kepada keduanya serta adab bagi keduanya

وَقَضَى رَبُّكَ ألا تَعْبُدُوا إلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا} [الإسراء: 23، 24].

“Dan Tuhanmu telah menentukan supaya engkau semua jangan menyembah melainkan Dia dan supaya engkau semua berbuat baik kepada kedua orang tua. Dan kalau salah seorang di antara keduanya ada di sisimu sampai usia tua, maka janganlah engkau berkata kepada keduanya dengan ucapan “cis”, dan jangan pula engkau menggertak keduanya, tetapi ucapkanlah kepada keduanya itu ucapan yang mulia – penuh kehormatan.(Al isro’ ayat 23-24)

3- Ancaman orang-orang yang melakukan sumpah palsu meliputi mereka tidak mendapatkan bagian di akhirat, Allah tidak akan menyapa mereka, Allah tidak akan memperhatikan mereka pada hari kiamat, Allah tidak akan menyucikan mereka dan bagi mereka adzab yang pedih.

إِنَّ الَّذِينَ يَشْتَرُونَ بِعَهْدِ اللَّهِ وَأَيْمَانِهِمْ ثَمَنًا قَلِيلا أُولَئِكَ لَا خَلاقَ لَهُمْ فِي الآخِرَةِ وَلا يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ وَلا يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلا يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bagian (pahala) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak (pula) akan menyucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih.( Ali Imron : 77)

Red

Latest Posts