Sunday, September 8, 2024
spot_img
spot_img
HomeLSMHanan A Rozak Menggelar Bimtek Pengelolaan dan Peningkatan Nilai Ekonomis Sampah di...
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Hanan A Rozak Menggelar Bimtek Pengelolaan dan Peningkatan Nilai Ekonomis Sampah di Bandar Lampung

globalcybernews.com  -Bandar Lampung, Anggota DPR RI Hanan A. Rozak bekerja sama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) dan sosialisasi pengelolaan, pengurangan dan peningkatan nilai ekonomis sampah selama dua hari di GSG Budaya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung, pada Kamis (18/07/2024)

Hanan A Rozak mendapatkan informasi bahwa Kota Bandar Lampung menghasilkan ratusan ton timbulan sampah setiap harinya. Timbulan sampah ini berasal dari rumah tangga dan industri. Menurut Hanan, permasalahan sampah merupakan isu yang kompleks dan berdampak luas, baik dari segi lingkungan, kesehatan, maupun ekonomi.

Hanan menyampaikan, banyak kota besar kesulitan mengelola volume sampah yang terus meningkat. Sehingga penumpukan sampah dapat menjadi sarang penyakit, menyebabkan masalah kesehatan seperti infeksi, penyakit kulit, dan gangguan pernapasan. Namun, Hanan menyampaikan ada peluang ekonomis jika dikelola dengan baik.

“Pengelolaan sampah yang efektif dapat membuka peluang ekonomi, seperti melalui daur ulang dan pengolahan sampah menjadi energi”, kata Hanan

Sebagai Anggota DPR RI Hanan menyampaikan dukungannya kepada pemerintah dan masyarakat untuk melakukan berbagai upaya mengatasi permasalahan sampah meliputi peningkatan kesadaran masyarakat, pengembangan teknologi pengelolaan sampah, kebijakan pemerintah yang mendukung pengurangan sampah, dan peningkatan infrastruktur pengelolaan sampah.

Bimbingan teknis diikuti pelaku usaha pengelolaan sampah dari berbagai kelurahan di Bandarlampung. Sebagian peserta bahkan telah membentuk dan bergabung dalam Bank Sampah Emak.id.

Red

Latest Posts