Sunday, September 8, 2024
spot_img
spot_img
HomeDalam NegeriBupati Langkat Ikuti Gerakan Penanganan Stunting Serentak se-Sumut, Wujudkan Generasi Emas
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Bupati Langkat Ikuti Gerakan Penanganan Stunting Serentak se-Sumut, Wujudkan Generasi Emas

globalcybernews.com  -Medan  Pj Bupati Langkat H.M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP turut hadir dalam kegiatan Gerakan Penanganan Stunting Serentak se-Sumatera Utara yang diadakan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan, pada Senin (22/7/2024) siang.

Kegiatan ini merupakan langkah lanjutan pasca intervensi serentak penurunan stunting yang dilaksanakan pada Juni lalu. Acara ini diikuti oleh para Bupati dan Walikota se-Sumatera Utara, baik secara daring maupun luring, dengan narasumber Direktur Gizi dan KIA Kemenkes, dr. Lovely Daisy, MKM. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah menemukan solusi atas permasalahan stunting berdasarkan data intervensi yang telah dilakukan sebelumnya.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sumut, Dr. Drs. H. Agus Fatoni, M.Si., menyampaikan pentingnya penanganan stunting sebagai bentuk komitmen bersama. “Penanganan stunting perlu kita lakukan sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab bersama. Hal ini perlu diatasi agar generasi yang dihasilkan bisa menjadi generasi unggul dan generasi emas. Upaya ini harus dilakukan secara serentak agar hasilnya tepat sasaran,” ujarnya.

Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, prevalensi stunting di Sumatera Utara berhasil turun menjadi 18,9%, mengalami penurunan sekitar 2,2% dari tahun sebelumnya yang mencapai 21,1%.

Pj Gubernur Sumut juga berharap agar setiap desa dan kelurahan aktif dalam upaya penanganan stunting. “Diharapkan semua desa dan kelurahan melakukan pengangkatan anak stunting menjadi anak asuh. Anak-anak tersebut harus diberikan makanan seimbang dan dibantu pengawasan oleh lurah, kepala desa, posyandu, dan kader. Langkah ini penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan mengatasi kemiskinan,” harapnya.

Acara ini juga diisi dengan pemberian makanan tambahan kepada delapan balita dengan masalah gizi, yang diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Sumut dan beberapa Pj Bupati se-Sumut kepada ibu hamil dan balita yang membutuhkan.

Gerakan penanganan stunting serentak se-Sumatera Utara ini merupakan upaya serius dan diskusi untuk mempercepat penurunan angka stunting di wilayah ini. Pj Bupati Langkat H.M. Faisal Hasrimy menegaskan komitmennya dalam mendukung program ini demi mewujudkan generasi emas di Langkat dan Sumatera Utara secara keseluruhan.(ikp/kominfolangkat)\

Red

Latest Posts