Sunday, September 8, 2024
spot_img
spot_img
HomeSejarahSejarah mengenai Kampung Kubur dimulai pada 1873 saat dibuka perkebunan tembakau di...
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Sejarah mengenai Kampung Kubur dimulai pada 1873 saat dibuka perkebunan tembakau di Deli.

globalcybernews.com  -Pada 1873 ini rombongan pertama orang Tamil yang datang ke Medan sebanyak 25 orang, mereka dipekerjakan oleh Jacob Nienhuys, seorang pengusaha tembakau keturunan Belanda.

Tembakau inilah yang membuat tanah Deli menjadi termasyur di dunia Internasional. Oleh sebab itu semakin banyak saja para buruh dan tenaga-tenaga kerja yang didatangkan dari India untuk bekerja di Tanah Deli baik sebagai buruh perkebunan, penjaga malam serta buruh -buruh bangunan atau kuli pembuat jalan serta penarik kereta lembu.

Selanjutnya pada 1874 ada 22 perkebunan yang memakai pekerja bangsa China sebanyak 4.476, Tamil 459 orang dan orang Jawa 316 orang.

Kebanyakan orang Tamil dari India Selatan menetap di Kampung Madras, karena penghuninya berwarna kulit hitam maka disebut juga sebagai Kampung Keling.

Dahulunya Kampung Kubur ini adalah bagian dari Kampung Madras yang dihuni oleh warga India Muslim yang berasal dari Tamil sejak 1887.

Awal dinamakan Kampung Kubur karena ada area pekuburan di pemukiman padat penduduk tersebut.

Lokasi pekuburan ini letaknya berada tepat di belakang Masjid Gaudiyah. Masjid ini terletak di Jalan Zainul Arifin yang dibangun oleh warga India Selatan yang beragama Islam pada 1887. Sehingga dari sinilah asal muasal diberi nama Kampung Kubur.

Red

Latest Posts