Saturday, September 21, 2024
HomeTNIDandim 0309/Solok Hadiri Acara Opening Ceremony Festival Budaya Rang Solok Baralek Gadang.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Dandim 0309/Solok Hadiri Acara Opening Ceremony Festival Budaya Rang Solok Baralek Gadang.

globalcybernews.com  -KOTA SOLOK_Komandan Kodim 0309/Solok Letkol Kav Sapta Raharja, S.I.P didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana menghadiri kegiatan Opening Ceremony Festival Budaya Rang Solok Baralek Gadang di Hamparan Sawah Solok, Kamis 19 September 2024

Festival Budaya Rang Solok Baralek Gadang berlangsung hingga tanggal 21 September 2024 di pusatkan di hamparan Sawah Solok yang mengangkat tema Alam Lestari Pesona Budaya.

Kegiatan pembukaan diawali dengan pawai massal yang diikuti oleh para Bundo Kanduang, Niniak Mamak, kelompok tani, dan masyarakat se-Kota Solok, tidak kalah menarik, pawai turut diikuti oleh rombongan asal sejumlah daerah di Indonesia dan luar negri.

Prosesi pawai budaya itu juga menjadi hiburan bagi masyarakat Kota Solok dan sekitarnya. Ribuan masyarakat dari titik awal hingga finis ikut menyaksikan secara langsung dari pinggir jalan.

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar serta pembukaan secara resmi Festival Budaya Rang Solok Baralek Gadang, penyerahan piagam Karisma Event Nusantara dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepada Walikota Solok dan di tutup dengan pertunjukan berbagai atraksi seru yang penuh dengan tradisi dan budaya lokal.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Milda Murniati pada kesempatan tersebut mengatakan, event ini bukan sekadar festival biasa, melainkan panggung besar yang menggabungkan ketahanan pangan, kekayaan adat budaya, dan pesona alam Solok dalam satu perhelatan yang menarik wisatawan. Selain menonjolkan keindahan alam, event ini juga memperlihatkan kehidupan sehari-hari masyarakat yang sebagian besar bergerak di sektor pertanian, perkebunan, dan perdagangan.

“Tujuan kegiatan Rang Solok Baralek Gadang ingin memperkenalkan destinasi Kota Solok kepada masyarakat luas, dimana Kota Solok berada di hamparan sawah dan juga sebagai penghasil beras terbesar di Sumbar. Untuk itu, kami terus mempertahankan tradisi adat budaya Kota Solok terutama di segi agraris,” ungkap Milda.

Senada dengan Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar mengungkapkan rasa syukur karena berkat do’a dan dukungan seluruh pihak serta masyarakat Kota Solok, acara Rang Solok Baralek Gadang yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dapat terselenggara dengan baik, lancar serta memuaskan.

Turut hadir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno diwakili Direktur Pemasaran Pariwisata, Para Kepala Daerah tetangga, Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, Dandim 0309/Solok Letkol Kav Sapta Raharja, S.I.P, Kapolres Solok Kota AKBP Abdus Syukur Felani S.l.K, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solok, Serta para tamu undangan lainya.

Selain itu hadir, Camat, Lurah se-Kota Solok, Ketua Keluarga Besar Kota Solok (KBKS), penasehat dan perantau Kota Solok, unsur Bundo Kanduang, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai serta ribuan masyarakat Solok. (Pendim0309)

Red

Latest Posts