Thursday, October 17, 2024
HomeOpiniJacob Ereste :Kondisi dan Situasi Darurat Ekonomi Indonesia Harus Mampu Segera Diatasi
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Jacob Ereste :Kondisi dan Situasi Darurat Ekonomi Indonesia Harus Mampu Segera Diatasi

globalcybernews.com  -Upaya membangun ketahanan dan pertahanan pangan bangsa dan negara Indonesia, pemerintah patut konsentrasi pada usaha membuat petani, nelayan usaha masyarakat kecil bergairah dan melipatgandakan semangat kerja dan ketekunan untuk meningkatkan usahanya hingga berhasil guna bagi keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Sebab krisis ekonomi dan krisis pangan bisa berkepanjangan melanda bangsa dan negara Indonesia bila menilik tren perkembangan yang terkesan mandek dan macet, seperti tidak bergerak menuju perbaikan yang tidak menggembirakan. Karena itu dalam berbagai bentuk usaha dan upaya untuk membangun ketahanan dan pertahanan pangan yang dilakukan oleh petani, nelayan serta pengusaha ekonomi menengah ke bawah perlu didukung penuh dengan kemampuan dan kekuatan yang ada. Mulai dari modal usaha serta pengelolaan usaha sampai upaya menjaga hasil panen mereka bisa memiliki jaminan untuk terus dilanjutkan. Sebab hanya dengan cara ini pertahanan dan ketahanan pangan rakyat dapat terjaga. Setidaknya jangan sampai semakin terpuruk dan menjadi masalah yang akan menggoyahkan ketahanan dan pertahanan negara dari segi ekonomi dalam arti luas.

Beragam usaha warga masyarakat kecil menembus peluang untuk tetap bertahan hidup dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan sudah lebih dari cukup untuk mendapat perhatian dan tindakan yang serius untuk mendukung usaha pertahanan dan ketahanan ekonomi rumah tangga di Indonesia yang sedang menghadapi tantangan yang semakin berat.

Pada level warga masyarakat Indonesia jelas menengan dan atas, kondisi ekonomi yang semakin parah ini sudah dapat dilihat dari banyaknya aset yang ditawarkan di bawah harga standar. Showroom kendaraan roda dua maupun roda empat bejibun memenuhi ruang pamer sebagai hasil penarikan dari kredit yang macet maupun stok lama yang tidak laku karena langkanya pembeli lantaran tidak memiliki uang. Adapun simpanan yang ada sudah habis terkuras sejak beberapa tahun lalu akibat tekanan ekonomi serta kebutuhan sehari-hari yang terus mendesak, tidak bisa sejenak pun untuk ditunda. Karena hidup dan kehidupan harus terus dipertahankan agar tetap berlangsung tidak sampai jatuh terjerembab.

Pilihan terbaik bagi warga masyarakat untuk tetap bertahan hidup — hingga standar yang paling minimal pun — terpaksa dilakukan dengan cara berhemat, sehemat-hemat mungkin untuk semua jenis dan bentuk pengeluaran. Maka itu sensitivitas dari kenaikan harga tarif listrik dan air hingga gas serta beras menimbulkan sumpah serapah yang rentan menyulut protes dan aksi massa turun ke jalan.

Atas dasar pemikiran dan pertimbangan dari kondisi dan situasi ekonomi yang semakin parah inilah, hendaknya pihak pemerintah sebagai pengambil kebijakan dan kemampuan untuk bertindak lebih tepat dan cepat, segera mengambil inisiatif untuk mengantisipasi kondisi ekonomi Indonesia yang semakin memburuk, untuk lebih mengutamakan pertahanan serta ketahanan rakyat yang lebih nyata dalam menghadapi situasi dan kondisi krisis agar tidak berkepanjangan dan menambah banyak korban. Karena kondisi dan situasi ekonomi Indonesia hari ini sudah berada pada posisi yang sangat darurat.

Jakarta, 15 Oktober 2024

Red

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Posts