Saturday, April 20, 2024
HomeEkonomiTinjau Bibit di Kawasan TNGM Jurang Jero, Presiden: Ada Fungsi Penghijauan dan...

Related Posts

Featured Artist

Tinjau Bibit di Kawasan TNGM Jurang Jero, Presiden: Ada Fungsi Penghijauan dan Ekonomi

Pada 14 Februari 2020.
Global Cyber News| Presiden Jokowi saat meninjau bibit di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (14/2).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa tanaman Vetiver bagus untuk daerah-daerah yang sering longsor, dan untuk di hulu dari waduk-waduk yang mencegah sedimen tidak masuk ke waduk-waduk.

“Yang lain juga ini yang kita tanam di sini, ini apa, ini, petai ada fungsi hijaunya, fungsi ekonominya juga ada,” ujar Presiden Jokowi usai meninjau bibit di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (14/2).

Tanaman lain, sambung Presiden, seperti jambu kristal ini ada fungsi penghijauan, tetapi fungsi ekonominya juga ada untuk rakyat.

“Ini durian, Nah ini durian, ini durian yang saya seneng ini durian, namanya senang duriannya juga senang.

Ini lengkeng, memang yang ditanam fungsi ekosistemnya, fungsi hidronya ada, tapi fungsi ekonominya juga ada,” sambung Presiden.

Di kawasan tersebut, menurut Presiden, juga ada tanaman yang disukai rakyat seperti jengkol, bambu petung, yang keduanya memiliki fungsi ekonomi kuat.

Menurut Presiden, tanaman pinus dan nangka juga banyak disenangi di Yogya.

“Nangka ini yang banyak disenangi Yogya (Yogyakarta), karena dipakai untuk gudeg, tapi kayunya juga bagus ini untuk mebel, warnanya kuning, seratnya bagus. Ini sirsak, ini bagus.

Ini pronojiwo, endemik di sini, bagus untuk obat,” ujar Presiden menjelaskan.

Turut hadir dalam agenda ini, Mensesneg Pratikno, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljo, Kepala BNPB Doni Monardo, dan Gubernur Provinsi DIY Sultan Hamengkubuwono X.

(Red)

Latest Posts