Tuesday, May 21, 2024
HomeUncategorisedKepala BNPB Doni Monardo Kunjungi Sektor Pembibitan, Bangun Sinergitas Multihelix.

Related Posts

Featured Artist

Kepala BNPB Doni Monardo Kunjungi Sektor Pembibitan, Bangun Sinergitas Multihelix.

Kab Bandung, Globalcybernews.
Dengan menggunakan Heli, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo bersama Anggota DPR RI TB Ace Hasan Syadzily kunjungi sektor pembibitan di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari, Sabtu (22/2).

Kedatangan Kepala BNPB bersama rombongan, disambut Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo beserta Ketua Harian Citarum Mayjen (Purn) Dedi Kusnadi Tamim, Aster Kasdam Kolonel Arh Hasto Respatyo serta Para Dansektor Citarum Harum.

Dalam kunjungannya, Letjen Doni Monardo langsung meninjau lokasi sektor pembibitan, serta mendengarkan pemaparan dari Dansektor pembibitan Kolonel Kav Dwi Haryoko.

Dalam pemaparannya, Dansektor Pembibitan menyampaikan, bahwa selama memasuki musim penghujan, satgas Citarum terus melaksanakan penanaman di lahan kritis.

” Bahkan untuk mengantisipasi musim kemarau, telah dibangun penyiraman pohon dengan menggunakan tenaga air”, ujar Kolonel Kav Dwi Haryoko.

” Selain itu di lokasi pembibitan Cikembang, telah juga dibangun sumur bor dengan kedalaman 70 meter, karena apabila musim kemarau didaerah pembibitan buah Cikembang sangat sulit air untuk menyiram pohon”.

” Selama ini apabila musim kemarau, kami melakukan penyiraman dengan cara manual, mengangkut air dari Cisanti dengan menggunakan mobil tangki”, Ungkap Dansektor Pembibitan.

Disampaikan Dansektor bahwa di pembibitan sudah mulai menggunakan Polibek yang berasal dari kulit singkong, supaya dalam penanaman tidak harus dibuka polibeknya.

Setelah melakukan pemaparan, agenda dilanjutkan dengan diskusi bersama para penggiat lingkungan, aparat Pemerintahan dan petani penggarap terkait tanaman kopi.

Disampaikan Kepala BNPB, satgas Citarum harus melibatkan masyarakat untuk melakukan penanaman pohon dan menjaga lingkungan sekitar.

Ditambahkan Doni Monardo,” jangan sampai dalam melakukan pencegahan dengan cara menanam pohon, masyarakat jadi kehilangan mata pencaharian”.

” Tanpa melibatkan masyarakat semua pekerjaan akan kembali ke titik nol, banyak tokoh yang dari awal sudah bekerja dengan TNI harus kembali dilibatkan”, Tandas Kepala BNPB.

Setelah melakukan diskusi, Kepala BNPB berkenan melihat langsung penyemaian kopi yang dilaksanakan oleh sektor pembibitan bersama Artha Graha Peduli.

Red.

Latest Posts