Thursday, March 28, 2024
HomeUncategorisedPastikan Batas Negara Aman, Satgas Yonif MR 411 Kostrad Gelar Patroli Patok...
spot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Pastikan Batas Negara Aman, Satgas Yonif MR 411 Kostrad Gelar Patroli Patok MM.12.2

Global Cyber News| Merauke — Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) yang memiliki tugas pokok menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah NKRI diperbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad Pos Kaliwanggo, melaksanakan Patroli Patok MM.12.2 di Distrik Sota.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua. Minggu (1/3/2020).

Dansatgas mengungkapkan, Patroli Patok pada Minggu(1/3/2020) pagi, dipimpin oleh Komandan Kompi C (Danpos Kaliwanggo) Kapten Inf Adik Sunarto bersama dengan 9 orang anggotanya dengan menempuh jarak sekitar 2 Km dari Pos Kaliwanggo.

Lanjutnya, Patroli Patok di Monumen Meridian (MM) 12.2 merupakan bagian tanggung jawab Pos Kaliwanggo, yang rutin dilaksanakan setiap bulan. Jarak tempuh kali ini cukup dekat namun memiliki medan bervariasi yang membutuhkan waktu 4 jam perjalanan dengan menggunakan perahu motor menyusuri Sungai Warma dilanjutkan menempuh jalur darat dengan berjalan kaki.

“Kondisi medan dalam melaksanakan patroli kali ini bervariasi mulai sungai, hutan dan rawa-rawa, sehingga untuk mencapai Patok MM.12.2, personel Pos Kaliwanggo membutuhkan fisik yang siap guna memastikan bahwa patok dalam kondisi aman tidak bergeser serta berada dikordinat sesuai data yang ada GPS,” ucapnya.

Tambah Mayor Inf Rizky, dimasa tugasnya yang telah berjalan selama 7 bulan ini, seluruh patok di perbatasan RI-PNG sektor selatan Kabupaten Merauke yang berjumlah 62 patok terdiri dari 17 patok MM, 5 patok type A dan 40 patok type B semuanya dalam keadaan aman serta dalam kondisi baik.

Sementara itu, Kapten Inf Adik Sunarto mengatakan, dalam pelaksanaan patroli patok juga turut dibantu oleh masyarakat sekitar saat menyusuri Sungai Warma dengan menggunakan perahu motor (Ketinting) dilanjutkan jalur darat berjalan kaki yang didominasi medan rawa-rawa.(Lettu Asep Saepudin)

Red.

Latest Posts