Saturday, June 25, 2022
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

Terbaru

Optimalkan Cegah Corona, Pemkut Se Agara Bentuk Tim Gugus Covid 19

Global Cyber News.| Aceh.| Untuk optimalkan pencegahan penyebaran Corona virus di pedusunan dan pedesaan, Pemerintah Kute se Aceh Tenggara membentuk tim gugus penanganan dan mendirikan Posko Desa Siaga Covid 19.

Pembentukan Tim Gugus dan pendirian Posko Siaga Covid 19 di masing-masing Desa adalah tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Desa PDTT Nomor: 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggab Covid 19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

Ketua forum Asosiasi Pemerintah Kute Kecamatan Lawe Sumur, Kadimin,Sp, mengatakan, pembentukan tim gugus dan Pendirian Posko Desa Siaga Covid 19 berdasarkan kerjasama Pemerintah Kute dengan Pemerintah Kabupaten untuk mengoptimalkan pencegahan wabah covid 19 ke pedusunan dan pedesaan.

“Pembentukan tim gugus dan pendirian Posko desa itu menggunakan pembelanjaan dari dana desa”,katanya, Sabtu,(18/4/2020).

Bahkan bukan itu saja dana desa dapat dipergunakan,selain pembentukan tim gugus dan pendirian Posko Siaga Desa Covid 19, dana desa juga akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai ketentuan Surat Pemberitahuan Menteri Desa PDTT Nomor: 1261/PRI.00/IV/2020, bahwa dana desa dapat dibelanjakan untuk BLT sejumlah 25℅ sampai dengan 30℅.

Disebelumnya,kata dia, pembentukan tim gugus Desa Covid 19 telah di Atur dalam Surat Keputusan Bupati Aceh Tenggara Nomor: 028/79/2020 untuk Standar Satuan Harga Dan Biaya Honorarium Tim Pemerintah Kute Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) Di Kabupaten Aceh Tenggara.

Menurut dia, banyak yang harus ditanggapi oleh Pemerintah Kute terhadap penanganan pemutus mata rantai Corona virus covid 19 itu, selain dampak ekonomi yang makin menurun, bahkan dampak sosial juga harus diperhatikan.

Dari sisi dampak,kata dia, Pemerintah Kute khawatir tidak bisa sepenuhnya menangani dampak-dampak covid 19, berharap anggaran belanja provinsi dan kabupaten dapat lebih mengutamakan penanganan dampak  covid 19, pungkasnya.

Red. Samsuri

Terbaru

spot_img
spot_img

Baca Juga