Thursday, March 28, 2024
HomeDalam NegeriPolres Badung Berhasil Menangkap Pelaku Pemalsuan Surat Keterangan Sehat dan Surat Jalan
spot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Polres Badung Berhasil Menangkap Pelaku Pemalsuan Surat Keterangan Sehat dan Surat Jalan

Global Cyber News| Bali – Kepolisan Resor Badung berhasil menangkap pelaku sindikat pemalsuan surat keterangan Sehat dan surat jalan, dijalan Raya Mengwitani, Mengwi, Badung pada ada hari Rabu, (20/05/2020) pukul 21.30 saat petugas melakukan penyekatan arus Mudik Lebaran. Jumat, (22/05).

Pelakunya asal Jawa Timur, Aan Setiawan (35), Ikwan Mudin (30) dan Sutomo (34). Mereka nyaris meloloskan puluhan pemudik.

Kasubbag Humas Polres Badung Iptu Ketut Gede Oka Bawa, mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan saat digelar penyisiran di Pos Penyekatan dan Pengaman, Jalan Raya Mengwitani Mengwi, Badung.

Kronologisnya, menurut Oka, pada Rabu pukul 00.30 Wita, polisi menemukan tindak pidana pemalsuan dokumen tersebut. Saat petugas melakukan penyekatan pemudik, ditemukan mobil travel dikendarai oleh Aan Setiawan asal Bondowoso, Jawa Timur. Mobil tersebut membawa 19 pemudik. “Setelah dicek surat surat keterangan kesehatan dan surat jalan yang ditunjukkan oleh sopir yaitu Aan Setiawan ternyata tidak sesuai dengan jumlah dan nama penumpangnya,” ujarnya.

Selanjutnya dilakukan interogasi Pelaku mengaku membuat surat keterangan kesehatan dan surat jalan palsu tersebut 8 Mei 2020 di warnet daerah Sesetan.7 Dia mencari contoh surat tersebut di internet, membuat stempel puskesmas serta PT Kreasi Sentosa Abadi agar lebih meyakinkan keaslian dari surat dibuatnya tersebut.

Pelaku sudah berulang kali menggunakan surat palsu tersebut untuk meloloskan penumpangnya dan luput dari pemeriksaan petugas.

Red. (Selamet)

Latest Posts