Tuesday, July 23, 2024
spot_img
HomeBPJS KESEHATANDedek Ingin JKN-KIS Terus Ada
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Dedek Ingin JKN-KIS Terus Ada

Global Cyber News.Com|Tebing Tinggi : Sejak awal pelaksanaan pada 1 Januari 2014, Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segera memasuki tahun ketujuh pelaksanaannya. Dengan angka pemanfaatan yang terus meningkat setiap tahun, saat ini sekitar tujuh ratus ribu pemanfaatan per hari, dan jumlah fasilitas kesehatan mitra yang juga terus bertumbuh, boleh dikatakan pelaksanaan program JKN-KIS berkembang dengan positif dan memberi manfaat yang luas kepada masyarakat.

Edi Suhendra, warga Tebing Tinggi, mengakui kinerja positif program JKN-KIS. “Masih ada yang tidak puas ya wajar lah orang Indonesia ada sebanyak ini, tapi bagi saya pribadi, dan lingkungan terdekat saya yang saya tahu, saya lihat sendiri orang-orang terbantu dengan program JKN-KIS ini,” kata pria yang sehari-hari disapa Dedek ini.
Dedek menilai, dahulu sebelum ada program jaminan kesehatan, orang-orang yang merasa dirinya sakit bisa enggan untuk berobat karena memikirkan biaya. “Kalau sakitnya ringan bisa sembuh sendiri dengan istirahatat ya syukur, tapi kalau sakit berat, jadi seperti bertaruh nasib, resiko keselematannya terancam tapi tidak ada biaya berobat, mau bagaimana,” pungkasnya.

Dedek awal mengenali program jaminan kesehatan dari pemerintah melalui program Jamkesmas yang dikelola Kementerian Kesehatan. Kedua orangtuanya merupakan penerima manfaat program Jamkesmas dari pemerintah. “Ada kartu warna biru itu dulu, orangtua saya berobat pakai kartu itu,” ujar pria yang kini berusia 30 tahun itu.
Saat program JKN-KIS dimulai, seluruh program jaminan kesehatan pun diintegrasikan untuk dikelola oleh BPJS Kesehatan. Dedek mengaku mulai menjadi peserta jaminan kesehatan di era JKN-KIS. “Didaftarkan dari tempat saya bekerja. Digunakan beberapa kali untuk berobat yang ringan-ringan saja. Kemudian istri saya dua kali melahirkan, persalinannya ditanggung JKN-KIS,” ujarnya.

Ayah dua orang putra ini, lugas mengungkap harapannya agar program JKN-KIS ini dapat terus ada untuk memberi rasa tenang kepada masyarakat Indonesia. “Ya dimana-kita kita sering dengar, masyarakat ini maunya kan pemerintah itu programnya pro rakyat, gitu kan. Kalau saya menilai, JKN-KIS ini sangat pro rakyat, iuran terjangkau dengan manfaatnya berlipat-lipat. Yang sudah baik programnya untuk rakyat kita harap terus berlanjut,” ucapnya.

Red.

Latest Posts