Wednesday, December 7, 2022
HomeBPJS KESEHATANGelar Ajang Award, BPJS Kesehatan Lubuk PakamAjak FKTP Transparan dan Tingkatkan Layanan

Related Posts

spot_imgspot_img

Featured Artist

spot_imgspot_img

Gelar Ajang Award, BPJS Kesehatan Lubuk Pakam
Ajak FKTP Transparan dan Tingkatkan Layanan

Global Cyber News.Com|Deli Serdang (23/05): BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam menggelar pertemuan dengan seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam wilayah kerja nya dengan tajuk “FKTP Award 2022”, Senin (23/05) di Lubuk Pakam. Dalam pertemuan ini, BPJS Kesehatan menekankan kepada seluruh FKTP mitra bahwa pelayanan kesehatan primer merupakan gatekeeper dalam upaya efektivitas dan efisiensi kendali mutu dan kendali biaya program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dan juga hubungan kemitraan dengan BPJS Kesehatan, diharapkan semakin mengedepankan prinsip transparansi.

“JKN-KIS merupakan kerja bersama, segala hal positif yang sudah dicapai untuk peningkatan pelayanan kepada peserta juga merupakan hasil upaya pihak-pihak yang terlibat dalam melaksanakan fungsinya masing-masing dan saling bekerjasama. Akan semakin baik bila prinsip transparansi semakin kita kedepankan,” pungkas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam, Nur Eva Parindury.

Eva juga menjelaskan sejumlah hal yang terkait dengan capaian program dan pelayanan bagi peserta JKN-KIS di wilayah kerja BPJS Keseharan Cabang Lubuk Pakam. Menurutnya, FKTP adalah tulang punggung pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS karena perannya sebagai gatekeeper.

“Maka kami menggelar FKTP Award ini sebagai upaya untuk mengapresiasi capaian FKTP yang berkinerja baik, juga untuk memotivasi seluruh FKTPmitra yang ada di wilayah kami untuk meningkatkan performa pelayanan. Selain itu dengan rutin melakukan monitoring dan evaluasi seperti ini, kami harapkan ada sikap saling terbuka untuk menyampaikan kendala masing-masing agar bersama-sama juga bisa didiskusikan untuk mencari solusinya, untuk perbaikan ke depan,” ujarnya.

Pemenang FKTP Award di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam diumumkan untuk sejumlah kategori indikator layanan dan capaian program, yaitu kategori FKTP dengan nilai pencapaian Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) terbaik, pengelolaan peserta Program Rujuk Balik (PRB) terbaik, pelaksanaan pengelolaan penyakit kronis (PROLANIS) terbaik, implementasi umpan balik layanan (KESSAN) terbaik, rasio rujukan terbaik, implementasi skrining kesehatan terbaik, pelaksanaan pelayanan kontak tidak langsung terbaik, dan implementasi pendaftaran elektronik atau registrasi online terbaik.

Pimpinan Klinik Tutun Sehati, Zulkifli yang meraih dua penghargaan terbaik pada ajang FKTP Awards kali ini, berujar bahwa apresiasi yang diterimanya dapat menjadi dorongan motivasi. “Masih banyak yang perlu kami tingkatkan. Kami berkomitmen dengan kerjasama untuk pelayanan kesehatan peserta JKN-KIS, ke depan kita harapkan kepuasan peserta JKN-KIS dapat meningkat,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, Selamat Hartono menuturkan, pihaknya akan mengupayakan agar Puskesmas di Kabupaten Serdang Bedagai dapat meningkatkan performa dan kinerja pelayanan serta juga taat administrasi. Dikatakannya bahwa, nilai capaian KBK dapat menentukan jumlah penerimaan pembayaran biaya kapitasi yang menjadi pendapatan daerah, maka ini termasuk yang perlu perhatian pimpinan Puskesmas.

Red.

Latest Posts