Saturday, November 26, 2022
HomeNasionalGerakan Serentak Menanam Oleh Walikota Blitar Bersama Kelompok Tani Wanita

Related Posts

spot_imgspot_img

Featured Artist

spot_imgspot_img

Gerakan Serentak Menanam Oleh Walikota Blitar Bersama Kelompok Tani Wanita

Global Cyber News.Com|, Kota Blitar
Dalam rangka mengantisipasi krisis pangan multidimensi, Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melakukan penanaman ubi jalar di pekarangan Kelompok Tani Wanita tepatnya di Jalan Suma Karangtengah Kota Blitar pada Senin (21/11/2022).

“Kita hari ini bersama Dinas Ketahan Pangan Dan Pertanian melakukan kegiatan positif, yaitu Gerakan Serentak (Gertak) menanam pendamping beras yaitu umbi umbian,” ujar Walikota Blitar, Santoso.

Lebih lanjut, Santoso menjelaskan bahwa kegiatan penanaman ini dilakukan seluruh KWT di Kota Blitar, ada sebanyak 98 KWT yang tersebar di 3 Kecamatan dan 21 Kelurahan.

“Pada beberapa bulan lalu kita juga melakukan penanaman cabe di wilayah Tanggung, dan Alhamdulilah sudah menghasilkan beberapa kwintal yang di nikmati masyarakat,” tambahnya.

“Maka atas inisiatif Dinas Pertanian dari 98 KWT itu diminta untuk membantu masyarakat memberikan benihnya. Nanti masyarakat bisa menanam di polyback, memanfaatkan pekarangan lahan, sejengkal pun bisa di tanami, dan saat ini lahan ini milik warga Blitar yang sukses di Jakarta kemudian merelakan lahannya untuk di manfaatkan Kelompok Tani Wanita.” Terangnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian Kota Blitar Rodiyah menjelaskan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan Gertak dengan menanam umbi-umbian. Menurutnya hal itu sebenarnya untuk mengatasi inflasi, dan membiasakan masyarakat tidak tergantung dengan beras.

“Karena umbi-umbian ini punya 9 manfaat, antara lain punya karbo rendah. Jadi sangat baik untuk orang orang yang punya diabet,” jelas Rodiyah .

Rodiyah menambahkan bahwa sebelum pihaknya memberikan bantuan bibit umbi, pupuk, alat pembuat pupuk, dan karung. Tetapi karena keterbatasan, tidak semua bisa di berikan.
“Kita ini setiap hari melapor ke Badan Ketahanan Pangan itu Neraca Pangan, karena setiap Minggu selalu di evaluasi Kemendagri terkait kenaikan angka inflasi. Tetapi Alhamdulilah Kota Blitar itu semuanya cukup dan bisa terkendali,” kata Rodiyah.

Pada akhir sambutannya, Rodiyah mengatakan semua KWT akan menanam baik tanaman holtikultura atau toga, sayuran dan sebagainya, maka tidak akan kekurangan.

“Ketahanan pangan utamanya ketahanan pangan keluarga,” Pungkas Rodiyah selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar. (ADV/KMF/REG)

Red. Regita

Latest Posts