Friday, March 29, 2024
HomeNasionalKakamenag Tanjung Balai Minta Calhaj Doakan Kesejahteraan Masyarakat Dapat Meningkat
spot_imgspot_img

Related Posts

Featured Artist

Kakamenag Tanjung Balai Minta Calhaj Doakan Kesejahteraan Masyarakat Dapat Meningkat

Global Cyber News.Com|-Medan I Kepala Kemenag Kota Tanjung Balai, H.Alhayu mengharapkan para calhaj Kloter V asal Kota Tanjung Balai, Medan dan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mendapatkan kemudahan selama menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

“Selain itu mereka kembali ke tanah air Indonesia menjadi haji mabrur dan hajah mabrurah serta menjadi pendorong umat yang senantiasa melakukan kebaikan rahmatan lil alamin,” kata Alhayu kepada wartawan disela-sela pemberangkatan 352 Calhaj diantaranya 120 jemaah dari Kota Tanjung Balai.

Alhayu juga berharap para calhaj mendoakan kota Tanjung Balai semakin maju sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di era globalisasi dan era digitalisasi.

Menurut H.Alhayu, kloter yang dilepas Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Aula Madinatul Hujan Asrama Haji Medan, Minggu (28/5/2023) ini juga terdapat 232 jemaah asal kota Medan.

Lebih jauh Alhayu mengatakan, jika dibandingkan pada tahun 2022 lalu, tahun ini calhaj Tanjung Balai mengalami peningkatan cukup signifikan. ” Tahun 2022 calhaj yang berangkat sebanyak 80 orang karena dibatasi adanya pandemi covid 19,” katanya.

Saat ditanyakan tentang calhaj Kota Tanjung Balai yang daftar tunggu pada tahun 2024, jumlahnya mencapai seribuan lebih. “Mereka dengan penuh kesabaran menunggu untuk diberangkatkan ke Tanah Suci,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Alhayu menuturkan sekitar 60 persen, calhaj Kota Tanjung Balai yang berangkat ketanah suci adalah berprofesi sebagai nelayan, selebihnya bekerja pedagang, pegawai dan lainnya.

Khusus Untuk calhaj lansia, lanjutnya, ada sekitar 60 persen, dengan usia rata-rata calhaj diatas 60 tahun an dan 40 persen adalah usia 50 tahun keatas dan ada juga dibawah usia 50 tahun. (r/lam)

Red. Alam

Latest Posts