Tuesday, May 21, 2024
HomeUncategorisedSemangat QRIS Berkibar Kencang di Lapangan Benteng Medan Badai Corona Diyakini...

Related Posts

Featured Artist

Semangat QRIS Berkibar Kencang di Lapangan Benteng Medan Badai Corona Diyakini Pasti Berlalu

Global Cyber News|Medan I “Wooi Pake QRIS Lah, Paten Kali Bah”, itulah tagline QRIS yang digaungkan Gubsu Edy Rahmayadi bersama Kepala KPw Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut, Wiwiek Sisto Widayat, Anggota DPR RI, H.Hidayatullah, SE, Ketua DPRD Sumut, Drs.Baskami Ginting, Direktur BI, Andi Wiana dan lainnya di sela acara puncak acara Pekan QRIS Nasional 2020 di Lapangan Benteng Medan, Minggu, (15/3/2020).

Ini menandai semangat memasyarakatkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) semakin berkibar di Sumut, yang diawali dengan gowes bersama Kepala KPw BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat, Gubsu Edy Rahmayadi serta unsur FORKOPIMDA, OPD, perbankan, UMKM, dan masyarakat.

Kegiatan tersebut tidak mengendurkan semangat meski Sumut dalam kondisi siaga Covid-19 dan acara yang sudah di scale down. Sebab awalnya peserta gowes ditargetkan 2000 orang, namun dikempeskan menjadi sekitar 700 orang. Bahkan stand bazaar dari 80 dikurangi menjadi 44 stand dengan waktu pelaksanaan hanya setengah hari dari dua hari yang telah dijadwalkan.

“Ke depan, BI Provinsi Sumut diharapkan lebih gencar lagi mengimplementasikan QRIS sampai ke kabupaten/kota. Dengan begitu masyarakat bisa lebih maju dan nyaman dalam menjalani kehidupannya,” harap Anggota Komisi XI DPR RI, H.Hidayatullah. SE kepada wartawan.

Politisi PKS ini juga mengapresiasi langkah BI melakukan berbagai terobosan ekonomi saat terjadinya perlambatan ekonomi dunia sampai menjelang tahun 2019. Kemudian disusul dengan terjadinya wabah virus corona atau Covid 19.

“Langkah BI meluncurkan QRIS se Indonesia ini saya nilai sangat efektif untuk mempermudahkan berbagai layanan transaksi non tunai sekaligus meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan,” kata Hidayatullah, mantan Anggota DPRD Sumut priode 2009-2014.

Pada kesempatan itu Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sumut Wiwiek Sisto Widayat didampingi Direktur BI Sumut, Andiwiana menyebutkan bahwa hiingga kini Sumut sudah miliki 106 merchant menggunakan QRIS. Ke depan kita juga sangat berharap QRIS atau pembayaran non tunai ini semakin banyak digunakan masyarakat.

“Target kami pada akhir Juni 2020 bisa mencapai 200 ribu merchant. Jumlah itu memang besar, tapi itulah tantangan yang harus dihadapi dengan kebersamaan,” ucap Wiwiek pada wartawan di sela-sela puncak acara Pekan QRIS Nasional 2020 yang dihadiri Ketua DPRD Sumut, Drs.Baskami Ginting dan Plt. Walikota Medan, H.Akhyar Nasution.

Wiwiek juga yakin dan berharap Covid 19 ini bisa habis pada akhir Triwulan II tahun 2020. Pokoknya kita terus mendorong agar masyarakat menggunakan uang non tunai (dompet digital). “Karena tidak bersentuhan tangan dan dapat menghindari penyebaran virus corona,” ujar Wiwiek seraya menambahkan bahwa BI akan terus melakukan sosialisasi QRIS ke beberapa kabupaten/kota diantaranya Langkat, Kota Binjai, Kota Pematangsiantar dan Kota Tebing Tinggi.

JANGAN PANIK

Pada kesempatan yang sama, Gubsu Edy Rahmayadi menghimbau masyarakat tidak panik dan harus mewaspadai wabah virus corona. Jika ada yang sedang terserang penyakit misalnya demam atau batuk, pakailah masker. Tapi kalau sehat, ya nggak perlu menggunakan masker. Karena kuatir masker tersebut bakal habis.

Di bagian lain, Gubsu juga menyebutkan, dengan penggunaan QRIS kita dapat menghindari serangan virus corona yang tengah mewabah. Karena tidak saling kontak fisik.

Sementara Anggota Komisi XI DPR RI, H.Hidayatullah,SE berpesan agar BI Sumut lebih gencar mengimplementasikan QRIS lebih luas lagi dapat diimplementasikan semakin meluas demi masyarakat yg lebih maju.

Saat itu dilakukan penandatanganan MoU oleh stakeholder terkait komitmen implementasi elektronifikasi pembayaran di beberapa lokasi di Sumut seperti Pelabuhan Ajibata, transaksi Pemkab/Pemko, uji KIR dan parkir, kantin Pancabudi, serta pondok pesantren Al-Kautsar.

Bahkan Gubsu turut mencoba langsung penggunaan QRIS dengan melakukan scan QRIS donasi ke Mesjid Agung Sumut. Ia berharap hal tersebut bisa mendorong seluruh masyarakat Sumutuntuk turut menggunakan QRIS dalam transaksi pembayaran non tunai.

Baik Wiwiek Sisto Widayat dan Andi Wiana sama menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Vlog, Foto transaksi, dan Artikel QRIS BI Sumut. Selanjutnya musisi Donnie eks Ada Band dan Lyodra Idol turut menghangatkan suasana dengan melantunkan lagu-lagu yang anyar, diikuti menyanyi bersama dengan peserta gowes. (pl)

Red. Pandi Lubis

Latest Posts