Thursday, August 11, 2022
spot_imgspot_img

Terbaru

Konsentraisi Bisnis Digital Perkuat Prodi MM UMA

Global Cyber News.Com|-Medan I Sekali dayung dua pulau terlampaui, itulah perumpamaan yang pas ditujukan kepada Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM) Universitas Medan Area (UMA). Karena prodi ini baru dibuka tahun akademi 2022/2023, namun sudah 32 orang yang mendaftar secara online. Begitu juga dengan kelas Internasional yang baru dibuka bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Haibin Education Center di Hongkong, sudah mulai sudah mendapat sambutan dari Hongkong dan Indonesia.

Dalam kelas Internasional tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan Mendikbud Ristek, ada luring dan during. Mahasiswa Prodi MM UMA dari negara luar juga harus belajar dan datang ke Pascasarjana UMA. Perlakuannya sama seperti mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri.

Bahkan dalam penerapan manajemen digital, Prodi MM UMA sudah menerima tawaran kerjasama dengan perusahaan asuransi dalam memberikan pokok pokok pikiran secara akademik dalam membangun Digital Asurance.
Demikian rangkuman temu pers dengan Direktur Pascasarjana UMA,Prof.Dr.Ir.Retna Astuti Kuswardani,MS, Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof.Dr.Ir.Yusniar Lubis,M.MA dan Ketua Prodi Magister Manajemen,Dr.Sugito,SE,MSi pada Senin,(1/8/2022). Hadir saat itu Sekretaris Yuni Syahputri,SE ,MSi,memaparkan,
Menruut Prof. Dr.Ir.Retna, program Studi MM UMA berdiri pada tahun 2022, berdasarkan SK Mendikbud Ristek RI No. 37/E/0/2022, tentang Izin Pembukaan Program Studi Manajemen Program Magister UMA di Kota Medan yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim, sesuai dengan Akta No. 02 tanggal 27 Desember 2011 yang dibuat Notaris Hajjah Jasmi Rivai, SH dan telah terdaftar pada surat Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkum HAM Nomor AHU-AH.01.06-633 tanggal 30 Agustus 2012 dan telah disahkan Menkumham No. AHU-0000086.AH.01.05 Tahun 2019 tanggal 1 Februari 2019, dan program Studi Magister Manajemen UMA dinyatakan memenuhi persyaratan minimum akreditasi.
“Kami telah melakukan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industry dalam rangka menghasilkan Lulusan yang professional dan unggul dalam bidang manajemen. Utamanya berbasis digital. Sehingga menjadi keunggulan kampus kami,” kata Retna.
Saat ditanyakan kenapa Pascasarjana UMA terlambat membuka Prodi MM, Retna menyebutkan, sebenarnya tidak terlambat, karena dua tahun lalu prodi baru Pascasarjana UMA ini tertahan dengan adanya morotarium, yang mengkhususnya bidang pertanian.
Sementara Dr. Sugito, SE, M.Si mengatakan bahwa sistem pendidikan di Prodi MM Pascasarjana UMA dilakukan berdasarkan Sistem kredit semester, dengan lama pendidikan normatif 4 (empat) semester dengan total beban studi 41 SKS serta memiliki 3(tiga) pilihan Konsentrasi, yaitu Konsentrasi Kewirausahaan dan Bisnis Start Up“Digital Bisnis, Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Konsentrasi Manajemen Strategi. Keunggulan MM UMA ini adalah mengangkat Konsentrasi Bisnis Digital yang salah satunya berkaitan dengan peningkatan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam bingkai pemberdayaan masyarakat.
“Target Prodi MM UMA sudah terlampaui, 25 orang dan mendaftar sebanyak 32 orang. Sedangkan kelas Internasional bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan di Hongkong sebanyak 15 orang,” kata Prof.Yusniar Lubis dan Dr.Sugito. (r/pl)

Red. Pandi Lubis

Terbaru

Baca Juga