Thursday, September 29, 2022
HomeNasionalOJK Gelar Edukasi Keuangan dan Simpanan Pelajar di Kota Binjai

Related Posts

spot_imgspot_img

Featured Artist

spot_imgspot_img

OJK Gelar Edukasi Keuangan dan Simpanan Pelajar di Kota Binjai

Global Cyber News.Com|-Medan I Sebagai salah satu wujud komitmen dan aktualisasi upaya OJK dalam mendukung program nasional pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan melalui peringatan Hari Indonesia Menabung, Kantor OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menggelar kegiatan Edukasi dan Sosialisasi Keuangan kepada pelajar dan perwakilan perangkat sekolah di Kota Binjai, Rabu (3/8/2022) dengan nama “Kreasi Muda Kota Binjai.”
Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Binjai, H. Irwansyah Nasution, S.Sos mewakili Walikota Binjai, Drs. H, Amir Hamzah, M.AP,. juga dihadiri Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK, Untung Santoso mewakili Kepala OJK Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori. Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Raya D Theresia.
Dalam rangka meningkatkan jumlah kepemilikan rekening pelajar secara nasional dan mendukung peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan, OJK telah menyusun program Satu Rekening Satu Pelajar atau disingkat dengan KEJAR. Untuk mendukung hal tersebut pemerintah juga telah menetapkan tanggal 20 Agustus ditetapkan menjadi Hari Indonesia Menabung (HIM) sebagaimana Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 26 Tahun 2019.
Adapun sebagai salah satu bentuk implementasi kegiatan Hari Indonesia Menabung untuk tahun 2022, OJK bersinergi dengan Pemerintah Daerah, Kementerian/Lembaga dan industri perbankan melaksanakan kegiatan KEJAR Prestasi Generasi Muda (KREASIMUDA) dengan tema “Wujudkan Generasi Muda yang Kreatif, Inovatif, & Inklusif”.
Dalam mendukung pelaksanaan KREASIMUDA, OJK Kantor Regional 5 Sumbagut bersama Pemko Binjai melalui forum TPAKD Kota Binjai menyelenggarakan kegiatan Edukasi dan Sosialisasi Keuangan serta Produk Keuangan (Simpanan Pelajar Konvensional dan Syariah) kepada Pelajar dan perwakilan perangkat sekolah di Kota Binjai.
Kegiatan ini merupakan salah satu di antara lebih dari 120 rangkaian kegiatan KREASIMUDA yang sudah ataupun akan dilaksanakan oleh OJK dan industri perbankan di Sumatera Utara bersama pemerintah provinsi dan pemerintah daerah setempat selama 1 Juli 2022 hingga 15 Agustus 2022.
Adapun puncak acara KREASIMUDA Sumatera Utara akan dilaksanakan pada 22 Agustus 2022 di Kota Medan, dengan puncak acara nasional akan dilaksanakan pada 23 Agustus 2022 di Jakarta.
Saat itu Sekretaris Daerah Kota Binjai, H. Irwansyah Nasution, S.Sos menyampaikan agar kegiatan edukasi dan sosialisasi Menabung Sejak Dini ini dapat terus dilakukan dengan jumlah peserta yang lebih besar lagi agar para pelajar dapat menerima pemahaman mengenai menabung sejak dini serta ragam produk dari lembaga jasa keuangan.
Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK, Untung Santoso menyampaikan bahwa persentase kepemilikan rekening di Provinsi Sumatera Utara sampai dengan posisi Juni 2022 adalah sebesar 87,26% meningkat dari posisi Maret 2022 sebesar 84,35%. Pencapaian tersebut telah melebihi target nasional sebesar 75%.
“Dalam kesempatan ini, kami juga menghimbau seluruh Perbankan yang ada di Kota Binjai dapat memfasilitasi adik adik pelajar kita dalam melakukan pembukaan rekening melalui kegiatan kegiatan literasi dan business matching,” ujar Untung.
Untung juga menyampaikan bahwa sekolah dan guru merupakan perpanjangan tangan pihak perbankan dalam menyampaikan informasi terkait produk lembaga jasa keuangan, termasuk Simpanan Pelajar. (r/pl)

Red. Pandi Lubis

Latest Posts